Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi mendatang cenderung lebih terbatas pada Februari 2022.
Berdasarkan laporan survei konsumen Bank Indonesia (BI), ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) pada Februari 2022 yang sebesar 130,8 atau lebih rendah dari 138,3 pada Januari 2022.
“Penurunan ini terjadi baik ekspektasi terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, maupun kegiatan usaha. Namun, ini masih berada pada area optimistis,” jelas Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono dalam laporan tersebut, Rabu (9/3).
Baca Juga: Optimisme Konsumen Menurun pada Februari 2022
Pada periode tersebut, ekspektasi konsumen akan ketersediaan lapangan kerja tercermin dari Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja yang tercatat 129,7 atau turun dari 134,8 pada bulan sebelumnya.
Penurunan indeks terjadi pada hampir seluruh kategori pendidikan, terdalam pada responden dengan pendidikan akademi. Sedangkan dari sisi usia, ekspektasi terhadap lapangan kerja juga menurun pada hampir seluruh kelompok usia responden.
Ekspektasi konsumen terhadap kegiatan usaha ke depan juga tercatat tidak sekuat bulan sebelumnya, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha yang sebesar 127,4 atau menurun dari 140,4 pada bulan sebelumnya.
Baca Juga: Laba Naik 25%, Begini Rekomendasi Saham Astra International (ASII)
Penurunan indeks terjadi pada seluruh tingkat pengeluaran responden, terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta per bulan, serta di seluruh kelompok usia responden.