kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Optimisme Konsumen Menurun pada Februari 2022


Rabu, 09 Maret 2022 / 10:54 WIB
Optimisme Konsumen Menurun pada Februari 2022
ILUSTRASI. Konsumen memilih bahan makanan?pada gerai ritel di Jakarta, Kamis (24/5). Optimisme Konsumen Menurun pada Februari 2022.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Keyakinan konsumen menurun pada bulan Februari 2022. Bank Indonesia (BI) mengungkapkan, ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada bulan laporan yang sebesar 113,1 atau turun dari 119,6 pada bulan sebelumnya. 

Meski menurun, Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan ini masih berada dalam zona optimistis atau indeks di atas 100. 

“Melemahnya IKK Februari 2022 disebabkan oleh penurunan kedua komponen pembentuknya, yaitu Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK),” ujar Erwin dalam laporannya, Rabu (9/3). 

Baca Juga: Ini Rekomendasi Saham yang Bisa Dilirik Saat IHSG Diramal Melemah pada Rabu (9/3)

Erwin memerinci, IKE pada bulan laporan sebesar 95,5 atau lebih rendah dari 100,9. Bahkan, kepercayaan konsumen akan kondisi ekonomi saat ini kembali ke zona pesimistis. Sedangkan IEK tercatat 130,8 atau lebih rendah dari 138,3 pada bulan Januari 2022. 

Penurunan IKK ini juga terjadi pada seluruh kategori tingkat pengeluaran responden, terutama responden dengan pengeluaran Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per bulan. 

Penurunan IKK juga terjadi pada seluruh kelompok usia dengan penurunan tertinggi terutama pada kelompok usia di atas 60 tahun dan usia antara 41 tahun hingga 50 tahun. 

Baca Juga: Ekonom Mandiri : Investasi Dorong Pemulihan Ekonomi Indonesia

Dan secara spasial, keyakinan konsumen terpantau melemah di 16 kota yang disurvei. Penurunan terdalam terjadi di kota Mataram sebesar 20,0 poin, Banjarmasin sebesar 14,1 poin, Jakarta 10,9 poin, dan Makassar turun 10,9 poin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×