kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45899,85   2,25   0.25%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Eks Dirut JJC Bantah Mengarahkan Waskita-Acset Sebagai Pemenang Lelang Tol MBZ


Selasa, 02 Juli 2024 / 20:41 WIB
Eks Dirut JJC Bantah Mengarahkan Waskita-Acset Sebagai Pemenang Lelang Tol MBZ
ILUSTRASI. Terdakwa kasus korupsi pembangunan Tol Jakarta-Cikampek II Elevated atau Tol MBZ Djoko Dwijono (tengah) menjalani sidang lanjutan di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Selasa (4/6/2024). Sidang tersebut beragendakan mendengarkan keterangan saksi ahli. ANTARA FOTO/Erlangga Bregas Prakoso/rwa.


Reporter: Yudho Winarto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Eks Direktur Utama PT Jasamarga Jalan Layang Cikampek (JJC) Djoko Dwijono membantah tudingan pernah mengarahkan PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) dengan PT Acset Indonusa Tbk (Acset) (KSO Waskita-Acset) sebagai pemenang dalam proses lelang proyek pembangunan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Elevated atau Tol Layang Mohamed bin Zayed (MBZ).

"Tidak ada arahan untuk memenangkan KSO Waskita-Acset. Pemenang lelang ditetapkan atas usulan panitia dengan mempertimbangkan proses administratif dan teknis. Di sana diputuskan bahwa KSO Waskita Acset kompetitif," ungkap Djoko dalam kesaksiannya di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa, 2 Juli 2024.

Baca Juga: Proyek Tol MBZ, Saksi Sebut Waskita-Acaset Diprioritaskan Menang Tender

Djoko menjelaskan, proses lelang proyek pembangunan Tol MBZ diserahkan ke panitia lelang. JJC  telah membentuk panitia pelelangan yang diketuai oleh Yudhi Mahyudin. Penunjukan panitia ini berdasarkan usulan dari PT Jasa Marga Tbk.

Djoko selaku Dirut JJC hanya memberikan hak right to match kepada KSO Waskita-Acset.

Yang dimaksud pemberian hak right to match adalah pemberian hak kepada badan usaha proyek kerja sama untuk melakukan perubahan penyesuaian penawaran dengan penawar terendah apabila berdasarkan hasil pelelangan umum terdapat badan usaha lain yang mengajukan penawaran lebih rendah baik.

"Kami waktu itu melakukan pelelangan dengan right to match supaya bisa menjaring harga yang lebih baik. " jawab Djoko.

Baca Juga: Perubahan Konstruksi Tol MBZ dari Beton ke Baja Disebut Disetujui Menteri PUPR

Namun, hak right to match tersebut tidak digunakan oleh KSO Waskita-Acset. Ketua Panitia Lelang JJC  Yudhi Mahyudin dalam kesaksiannya menegaskan hal tersebut.

Menurutnya, ada tiga calon kontraktor yang lolos administratif dan teknis untuk mengerjakan proyek tol MBZ ini. Namun, KSO Waskita-Acset unggul dengan harga yang lebih miring.

"KSO Waskita-Acset punya hak right to match dalam lelang. Namun, harga Waskita-Acset paling rendah. Jadi, tidak ada right to match," kata Yudi.

Dalam proses pembangunan Tol MBZ, JJC yang saat itu dipimpin oleh Djoko Dwijono sejatinya telah melakukan berbagai upaya untuk menjadikan proyek tersebut cepat selesai namun lebih efisien berdasarkan aturan yang ada. Proyek tol layang terpanjang ini ditargetkan selesai 2 tahun sejak dimulai tahun 2017.

Baca Juga: Ahli Keuangan Sebut Tidak Ada Penyertaan Modal dan Fasilitas Negara di Proyek Tol MBZ

Dalam sidang pada 15 Mei 2024 lalu, misalnya, terungkap bahwa Djoko pernah menolak klaim senilai Rp1,4 triliun dari KSO Waskita-Acset selaku kontraktor proyek.

Hal ini diungkap Sugiharto, Vice President Infrastruktur II PT Waskita Karya periode Maret 2019-Maret 2021. Sugiharto bilang, klaim tersebut tidak disetujui karena tidak adanya instruksi dari JJC.

Berdasarkan arahan dari Rapat Terbatas Kabinet yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, konstruksi tol diubah dari beton ke baja.

Selain untuk menghidupkan industri baja nasional, perubahan yang telah disetujui oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono ini juga ditujukan agar pengerjaan konstruksi menjadi lebih cepat.

Selanjutnya: Pengiriman Mobil Tesla Lampaui Perkiraan pada Kuartal II, Disokong Pemotongan Harga

Menarik Dibaca: 5 Rekomendasi Tablet untuk Anak Terbaik Tahun 2024, Cocok Digunakan di Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Tag


TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×