kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45770,67   6,06   0.79%
  • EMAS888.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.17%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.12%

Ekonom yakin ekonomi digital tak tutup kesempatan kerja


Senin, 21 Oktober 2019 / 21:14 WIB
Ekonom yakin ekonomi digital tak tutup kesempatan kerja
Ekonom yakin ekonomi digital tak tutup kesempatan kerja

Reporter: Bidara Pink | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) ingin memaksimalkan sektor-sektor yang dipandang mampu untuk menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Oleh karena itu, Jokowi tegas ingin menggenjot beberapa aspek, seperti perekonomian digital, pembangunan infrastruktur lanjutan, pemaksimalan sektor manufaktur, juga perbaikan dalam hal regulasi dan kebijakan.

Program yang akan dibangun jajaran baru tersebut, dinilai Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia bisa sejalan dengan bertambahnya lapangan kerja di Indonesia.

Baca Juga: Kalau Wishnutama cocoknya jadi menteri apa?

Ekonom CORE Yusuf Rendy mengambil contoh terkait perkembangan ekonomi digital. Dengan adanya perkembangan ekonomi digital ini, ia mengimbau agar menghapus mindset bahwa ekonomi digital akan menggeser penyerapan tenaga kerja menjadi lebih sedikit.

Menurutnya, ini justru bisa menjadi peluang besar bagi sektor-sektor strategis seperti pertanian. "Petani bisa menjual produknya lewat e-commerce. Dan kalau banyak permintaan dari sana, tentu bisa menambah jumlah tenaga kerja yang dilibatkan dalam rantai transaksi tersebut," kata Yusuf kepada Kontan.co.id, Senin (21/10).

Selain itu, usaha yang bisa dilakukan dengan adanya perkembangan ekonomi digital ini adalah dengan pemerintah mendorong pelaku usaha lokal, khususnya usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). 

Baca Juga: Perizinan berbelit jadi kunci utama permasalahan investasi langsung

UMKM bisa didorong untuk memanfaatkan platform ekonomi digital dan diberi dukungan dalam bentuk akses ke permodalan, pasar, dan juga konsultasi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×