CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.018,99   5,77   0.57%
  • EMAS992.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Ekonom Yakin BI Masih Akan Menahan Suku Bunga Acuan


Rabu, 19 Januari 2022 / 16:03 WIB
Ekonom Yakin BI Masih Akan Menahan Suku Bunga Acuan
ILUSTRASI. Gedung Bank Indonesia di Jakarta.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para ekonom memperkirakan Bank Indonesia (BI) masih akan menahan suku bunga acuan di level 3,50% dalam Rapat Dewan Gubernur BI Januari 2022. 

Kepala ekonom Danareksa Research Institute (DRI) Rima Prama Artha mengatakan, salah satu hal yang menjadi pertimbangan bank sentral menjaga suku bunga untuk bergerak rendah adalah masih rendahnya permintaan kredit dunia usaha. 

“Pertumbuhan kredit sektor usaha masih lemah. Bahkan, masih lebih rendah bila dibandingkan dengan kredit konsumsi,” ujar Rima kepada Kontan.co.id, Rabu (19/1). 

Selain permintaan kredit dunia usaha yang masih rendah, Rima juga melihat bahwa tingkat inflasi terutama inflasi inti masih tergolong rendah. Otoritas statistik mencatat, inflasi inti di sepanjang tahun lalu hanya di 1,56% yoy. 

Baca Juga: Ekonom BCA Perkirakan BI Masih Tahan Suku Bunga Acuan

Inflasi inti ini juga merupakan salah satu indikator yang selaras dengan kondisi daya beli masyarakat Indonesia. 

Selain itu, bila melihat kondisi global, suku bunga global terutama bank sentral Amerika Serikat (AS) The Federal Reserve (The Fed) dan bank sentral Eropa atau European Central Bank (ECB) dinliai masih stabil. 

Senada dengan Rima, ekonom Bank Mandiri Faisal Rachman juga memperkirakan BI masih akan menjaga suku bunga di level terendah sepanjang sejarah, yaitu di 3,50%. 

Perkiraan ini sejalan dengan inflasi yang masih terjaga dan juga ada aliran modal asing yang masuk ke pasar portofolio sehingga menopang stabilitas nilai tukar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×