kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Ekonom : Kampanye dan Asian Games diharapkan bisa topang konsumsi


Senin, 09 Juli 2018 / 19:53 WIB
Ekonom : Kampanye dan Asian Games diharapkan bisa topang konsumsi
ILUSTRASI. Ilustrasi rupiah, daya beli

Reporter: Ghina Ghaliya Quddus | Editor: Herlina Kartika

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Optimisme konsumen kembali meningkat pada Juni 2018. Buktinya, hasil survei konsumen yang dilakukan oleh Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Juni 2018 naik 3 poin ke level 128,1 dibandingkan 125,1 pada bulan sebelumnya.

Kenaikan itu didorong oleh sejumlah faktor pendukungnya, terutama indeks pembelian barang tahan lama. 


Ekonom BCA David Sumual mengatakan, dalam hal ini, dampak dari tunjangan hari raya (THR) dan gaji ke-13 terlihat positif sehingga menambah kepercayaan konsumen. Selain itu, inflasi Juni 2018 yang tercatat 0,59% (month to month) juga lebih rendah dari periode lebaran tahun-tahun sebelumnya.

“Nanti dilihat, apakah dua bulan ini bertahan. Biasanya kan motor mobil naik, tapi setelah lebaran kan biasanya turun. Harapannya ini masih bisa ditopang,” kata David kepada Kontan.co.id, Senin (9/7).

Oleh karena itu, harapannya konsumsi bulan-bulan ke depan bisa ditopang oleh dukungan event politik dan non politik. David bilang, konsumsi makanan dan minuman dalam hal ini bisa terdorong.

“Pada Agustus biasanya sudah mulai kampanye walaupun nanti resminya September. Asian Games bisa bantu, IMF-World Bank hanya sebatas sentimen saja. Baru nanti setelahnya ada natal dan tahun baru,” jelasnya.



Video Pilihan

TERBARU

×