kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ekonom BCA nilai audit terhadap efektivitas 12 KEK sesuatu yang positif


Jumat, 22 Februari 2019 / 18:12 WIB
Ekonom BCA nilai audit terhadap efektivitas 12 KEK sesuatu yang positif


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Rencana Pemerintah melalui Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) untuk mengaudit efektifitas 12 Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dinilai positif oleh ekonom.

Ekonom David Sumual menilai rencana audit yang dilakukan oleh pemerintah menjadi langkah yang positif. David juga menyarankan agar setelahnya tetap ada pengawasan terkait perkembangan KEK usai adanya audit.

"Bagus ini positif. Ya memang harus visibility study baik, terus perlu pengawasan, sampai dimana, hingga nanti agar tidak mubazir, dan harus jelas KEK itu untuk menarik investor apa yang cocok," terang David saat dihubungi Kontan.co.id pada Jumat (22/2).

Adanya audit KEK dinilai David untuk mengetahui sejauh mana efektifitas yang sudah berjalan. "Apakah investor masuk tidak, Bagaimana kesiapan di lapangannya, infrastruktur sudah jadi apa belum," tambah David.

Beberapa KEK disampaikan David masih terdapat infrastruktur yang belum siap, menjadi bukti bahwa kemungkinan kesiapan di daerah juga belum maksimal. Belum siapnya infrastruktur juga akan mempengaruhi investor untuk menanamkan investasi di KEK tersebut.

"Terus infrastruktur belum siap kan artinya sulit juga investor masuk atau sulit ditawarkan ke investor," sambung David. Maka dari itu koordinasi antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah yang terdapat KEK menjadi sebuah kewajiban.

Dengan adanya audit otomatis dijelaskan David akan dilakukan perbaikan yang mengarah pada tujuan yaitu menarik investor untuk ke KEK. "Kalau kekurangan diperbaiki kan menarik buat investor," kata David.

Perihal apakah audit yang dilakukan termasuk terlambat David menjelaskan bahwa pembangunan KEK tidaklah singkat. Masalah akese juga menjadi hal vital dalam pembangunan KEK itu sendiri.

"Ya mereka akan lihat proses pembuatan KEK tidak sebentar, jadi mana yang masih terbengkalai dilihat, itu masalah akses juga penting. Ada KEK yang dari depan saja sudah bagus. Ada juga yang akses masih sulit, belum lengkap, jalan masih rusak, atau listrik masih belum memadai, itu yang perlu diperbaiki untuk tarik investor," tambah David.

Kembali diterangkan David bahwa upaya audit KEK menjadi langkah pemerintah yang perlu di apresiasi dan positif demi kembangkan potensi daerah tersebut. Rencana audit KEK nanti akan menyangkut langkah perbaikan dari sisi regulasi, lembaga pengelolaan dan investasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×