kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Duet Hipmi dan Pemprov Gorontalo Mendukung Kebutuhan Pangan di Ibukota Nasional


Kamis, 14 Juli 2022 / 17:27 WIB
Duet Hipmi dan Pemprov Gorontalo Mendukung Kebutuhan Pangan di Ibukota Nasional
ILUSTRASI. Seorang pekerja memanen jagung di Pulubala, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo, Rabu (6/3/2019). ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/hp.


Reporter: Lamgiat Siringoringo | Editor: Lamgiat Siringoringo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. BPP Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (Hipmi) bakalan menjadi salah satu mitra strategis Pemerintah Provinsi Gorontalo untuk menciptakan ekosistem ekonomi. Sekjen Hipmi Bagas Adhadirgha menyebutkan potensi ekonomi Gorontalo memang besar sebagai salah satu lumbung pangan Indonesia Timur.

“Salah satu yg menjadi perhatian utama adalah posisi Gorontalo sebagai pusat lumbung pangan, dimana Gorontalo sebagai penghasil jagung terbesar di Indonesia Timur,” ujar Bagas, dalam keterangan yang diterima KONTAN.   

Harapannya kedepan, keberadaan lumbung pangan khususnya Jagung ini dapat menciptakan dan mendorong pertumbuhan industri-industri peternakan baik sapi maupun ayam. “Yang ujung dari industri ini adalah terciptanya ekosistem pangan agar dapat menjadi support sistem, tak Hanya Indonesia Timur tapi juga suplai ke Ibu Kota Negara Nusantara (IKN),” ujar Bagas.

Baca Juga: Terkait Isu Reshuffle Kabinet, Ini Harapan Hipmi

Hipmi, menurut Bagas akan menjadi mitra strategis pemerintahan Gorontalo dalam mendukung terciptanya ekosistem ekonomi. Salah satunya adalah melakukan kolaborasi pusat dan pengusaha-pengusaha muda di daerah. Dengan begitu maka ekosistem industri ini dapat memberikan dampak penyerapan Tenaga kerja bagi warga Gorontalo.

Bagas Adhadirgha bertemu dengan Pj Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer disela rangkaian kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) VI dan Forum Bisnis BPD HIPMI Gorontalo 12-13 Juli 2022 lalu. Hubungan kemitraaan yang strategis antara Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan BPD HIPMI Gorontalo yang diketuai oleh Iskandar Chiko Uno diharapkan berdampak pada peningkatan pertumbuhan ekonomi serta kesejahteraan Rakyat. 

“Perhatian Bapak Gubernur Hamka Hendra Noer terhadap anak-anak muda terutama HIPMI Gorontalo patut kita apresiasi sebagai penyemangat dalam menumbuhkan iklim Usaha di daerah,” jelas Bagas.

Hamka sendiri menantang Hipmi untuk bisa menggerakkan ekonomi di daerah. Hamka menilai Hipmi Gorontalo memiliki peran penting untuk bisa berkolaborasi dengan baik bersama pemerintah. Di satu sisi pemerintah sendiri akan timpang jika tidak ditopang oleh pengusaha.

“Saya menantang HIPMI Gorontalo untuk bisa menggerakkan ekonomi lokal. Untuk itu, pola sinergitas dan konsolidatif antara pemerintah dan dan pengusaha itu harus terjalin dengan baik,” ungkap Hamka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×