kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dua nama ini disebut-sebut jadi calon kuat Deputi Gubernur Senior BI


Selasa, 30 April 2019 / 17:09 WIB
Dua nama ini disebut-sebut jadi calon kuat Deputi Gubernur Senior BI


Reporter: Tendi Mahadi, Titis Nurdiana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo sudah mengajukan nama calon pengisi jabatan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia ke meja DPR. Ada dua nama yang diisukan menjadi kandidat kuat mengisi posisi strategis tersebut.

Sumber Kontan.co.id menyebut dua nama tersebut adalah Deputi Gubernur BI Erwin Riyanto dan Destry Damayanti. Namun, nama Destry kini disebut-sebut sebagai calon tunggal yang diajukan presiden ke Senayan.

Di dunia keuangan, nama Destry Damayanti bukanlah nama yang asing. Saat ini ia menjadi Anggota Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sejak 24 September 2015.

Peraih gelar sarjana ekonomi dari Universitas Indonesia dan Master of Science dari Cornell University ini juga sempat malang melintang di dunia ekonomi dan keuangan. Di antaranya pernah jadi Senior Economic Adviser Duta Besar Inggris untuk Indonesia selama periode 2000-2003.

Destry juga tercatat pernah menjadi peneliti dan pengajar di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Lalu Kepala Ekonom Mandiri Sekuritas selama periode 2005 hingga 2011 dan dilanjutkan sebagai Kepala Ekonom Bank Mandiri sejak 2011 sampai 2015.

Ia juga ditunjuk sebagai Ketua Satuan Tugas Ekonomi Kementerian BUMN selama periode 2014-2015. Destry punya pengalaman sebagai Direktur Eksekutif Mandiri Institute dan Ketua Panitia Seleksi Pimpinan KPK. 

Saat dikonfirmasi, Anggota Komisi XI DPR RI, Misbakhun membenarkan bahwa Presiden Jokowi sudah mengajukan nama calon Deputi Gubernur Senior BI ke DPR. Sayangnya, ia masih menutup rapat identitas sang calon.

"Surat presiden bersifat rahasia, saya tidak bisa menyampaikan siapa nama yang diusulkan," terang Misbakhun, Selasa (30/4).

Yang pasti, nama calon yang diusulkan presiden tersebut akan disampaikan pada rapat paripurna pembukaan masa sidang baru tanggal 7 Mei 2019 mendatang. Saat ini DPR sedang dalam masa reses.

Sebagai catatan, pencarian Deputi Gubernur Senior BI ini dilakukan untuk menggantikan Mirza Adityaswara yang masa jabatannya akan habis pada Juli 2019. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×