kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Download Simpatika & aktivasi rekening, Kemenag beri insentif guru madrasah bukan PNS


Senin, 04 Oktober 2021 / 09:19 WIB
Download Simpatika & aktivasi rekening, Kemenag beri insentif guru madrasah bukan PNS
ILUSTRASI. Download Simpatika & aktivasi rekening, Kemenag beri insentif guru madrasah bukan PNS


Sumber: Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Pengumuman untuk guru madrasah bukan pegawai negeri sipil (PNS), segera aktivasi rekening Anda di Bank Syariah Indonesia (BSI) untuk mendapatkan tunjangan insentif guru madrasah bukan PNS (GBPNS). 

Insentif tunjangan guru madrasah bukan PNS atau GBPS sudah cair. Kementerian Agama (Kemenag) mulai mencairkan tunjangan insentif guru madrasah bukan PNS pada awal Oktober 2021 ini. Anggaran tunjangan tersebut saat ini sudah berada di rekening masing-masing guru penerima yang telah dibuatkan oleh bank penyalur.

Besaran insentif yang dicarikan Kemenag kepada guru madrasah bukan PNS adalah sebesar Rp 250.000 per bulan. Insentif untuk guru madrasah bukan PNS disalurkan untuk 8 bulan sekaligus sehingga total yang didapatkan Rp 2 juta.

Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Madrasah Muhammad Zain mengatakan, guru madrasah bukan PNS penerima tunjangan insentif sudah mulai bisa melakukan proses aktivasi rekening. "Tunjangan insentif guru madrasah bukan PNS sudah mulai dicairkan. Para guru penerima sudah bisa melakukan proses aktivasi rekening di bank penyalur tunjangan,” kata M Zain dikutip dari keterangan resminya pada Minggu (3/10/2021).

Insentif ini diberikan kepada guru bukan PNS pada Raudlatul Athfal (RA), Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), dan Madrasah Aliyah (MA). Insentif ini bertujuan memotivasi guru bukan PNS untuk lebih berkinerja dalam meningkatkan mutu pendidikan.

Baca juga: JHT tak bisa diambil, buruh yang di-PHK bisa dapat JKP, ini syarat dan caranya

Dengan begitu diharapkan terjadi peningkatan kualitas proses belajar-mengajar dan prestasi belajar peserta didik di RA dan Madrasah.

Syarat pencairan insentif guru madrasah bukan PNS

Muhammad Zain juga menyampaikan penjelasan perihal syarat pencairan insentif guru madrasah bagi para penerima. Menurut Zain, untuk proses aktivasi rekening di bank penyalur, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.

Syarat tersebut yaitu menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Surat Keterangan Berhak Menerima Tunjangan Insentif, dan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM). “Baik surat keterangan berhak menerima tunjangan insentif maupun SPTJM, dapat diunduh dan dicetak di Simpatika,” ungkapnya.

Cara aktivasi rekening insentif guru madrasah bukan PNS

Informasi seputar pencairan insentif guru madrasah dari Kemenag bisa diakses melalui aplikasi Simpatika atau laman resmi Simpatika pada link https://simpatika.kemenag.go.id/madrasah. “Jadi para guru madrasah bukan PNS yang menjadi penerima tunjangan insentif ini agar segera mengakses Simpatika,” tegas M Zain.

Zain menambahan, melalui aplikasi Simpatika, para guru madrasah bukan PNS penerima insentif, akan mendapat informasi tentang:

  • NPK sudah terdata di Simpatika
  • NIK ada pada kolom NIK CORE
  • Nama di Rekening ada pada kolom NAMA
  • Nomor Rekening ada pada kolom ACCOUNT_NO
  • Nama Bank BSI Cabang Bank ada pada kolom CABANG

“Dokumen yang sudah dicetak selanjutnya dibawa ke bank penyalur untuk proses aktivasi rekening. Bank akan melakukan aktivasi rekening berdasarkan dokumen dan KTP guru,” terang Zain.

“Saya mengajak guru madrasah bukan PNS penerima insentif untuk segera memproses ini melalui SIMPATIKA dan melakukan aktivasi rekening di bank penyalur,” tandasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Insentif Guru Madrasah Cair, Cepat Cek Simpatika dan Aktivasi Rekening", 

Penulis : Muhammad Choirul Anwar
Editor : Muhammad Choirul Anwar

Selanjutnya: Bansos ini masih akan cair bulan Oktober 2021, berikut cara ceknya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×