kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dorong reinvestasi, BKPM lakukan revitalisasi terhadap investor lama


Rabu, 04 Maret 2020 / 05:30 WIB
Dorong reinvestasi, BKPM lakukan revitalisasi terhadap investor lama


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) akan merevitalisasi investor-investor lama yang selama ini kurang mendapat perhatian. Anggota Komite Investasi Bidang Komunikasi dan Informasi BKPM Rizal Calvary Marimbo mengatakan, potensi dari investor lama untuk melakukan rencana investasi saat ini sangatlah besar.

Sesuai arahan dari Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, kita tidak boleh hanya fokus pada investor baru saja. Pasalnya, selama ini para investor lama juga memiliki peran yang besar dalam mendorong investasi. Itu karena, mereka masuk di saat negara mengalami keterbatasan fasilitas dan infrastruktur,” ujar Rizal dalam keterangan tertulis, Selasa (3/3).

Baca Juga: Pemerintah berkomitmen sejahterakan Papua dan Papua Barat melalui green investment

Untuk itu, BKPM akan melakukan revitalisasi terhadap kontribusi dan peran investor lama, baik yang berasal dari Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) maupun dari Penanaman Modal Asing (PMA). Rizal mengatakan, dalam beberapa pekan terakhir Kepala BKPM juga telah mulai menyelesaikan hambatan-hambatan investasi yang dialami oleh investor lama.

“Satu persatu masalah mereka mulai diurai dan dieksekusi langsung oleh Pak Kepala dan timnya. Ada yang mangkrak, lahannya diserobot, minta insentif fiskal, masalah Amdal, sampai dengan terbentur regulasi. Jadi mereka mau reinvestasi tapi kendalanya banyak. Kita bantu selesaikan investasinya yang mangkrak-mangkrak itu,” paparnya.

Baca Juga: Luhut tidak ingin ada pengembangan perkebunan sawit di wilayah Papua

Kata Rizal, adanya gagasan revitalisasi investor lama ini muncul dari para investor itu sendiri. Ia mengungkapkan, para investor lama datang sendiri menjumpai Kepala BKPM dan mengatakan bahwa mereka ingin melakukan investasi dan ekspansi ulang.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×