kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Disebut Calon Kuat Panglima TNI, KSAL Yudo Margono Temui Ketua DPR di Kapal Selam


Senin, 28 November 2022 / 15:46 WIB
Disebut Calon Kuat Panglima TNI, KSAL Yudo Margono Temui Ketua DPR di Kapal Selam
ILUSTRASI. Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono menyematkan brevet kehormatan Hiu Kencana?kepada Ketua DPR RI PUAN MAHARANI di Kapal Selam KRI Alugoro-405.


Sumber: Kompas.com | Editor: Syamsul Azhar

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah isu nama calon pengganti panglima TNI Andhika Perkasa, yang akan dikirimkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Ketua DPR RI Puan Maharani, hari ini Senin (28/11), Ketua DPR malah ketmu dengan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono. 

"Pagi ini saya mendapat kehormatan di Kapal Selam KRI Alugoro-405, Saya disematkan brevet kehormatan Hiu Kencana oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono," kata Puan Maharani melalui akun instagramnya.

Sebagai gambaran, Brevet Hiu Kencana adalah lambang kehormatan Satuan Kapal Selam TNI AL. Brevet ini diberikan kepada mereka yang berkontribusi terhadap perkembangan alutsista kelautan, terutama kapal selam.

Baca Juga: Siapa Nama Calon Panglima TNI yang Akan di Kirimkan Presiden ke DPR Hari Ini?

"Ini menjadi dorongan bagi saya untuk terus mendukung kemajuan alutsista TNI, termasuk kapal-kapal laut milik TNI AL. Sebagai negara maritim, Indonesia membutuhkan alutsista kelautan yang handal sebagai benteng samudera Negara Kesatuan Republik Indonesia," kata Ketua DPR.

Secara terpisah Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menyatakan dirinya percaya DPR RI pasti melakukan seleksi dengan baik dan profesional terkait calon Panglima TNI baru pengganti Jenderal Andika Perkasa. 

Adapun Surat Presiden (Surpres) calon Panglima TNI baru bakal diserahkan Istana ke DPR nanti sore. "Saya kira orang yang disampaikan ke DPR itu pasti melalui seleksi yang baik, alamiah, profesional," ujar Prabowo saat ditemui di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (28/11/2022). 

Prabowo meyakini siapapun yang ditunjuk menjadi Panglima TNI pasti menjadi yang terbaik. "Ya kita yakin akan yang terbaik," ucapnya. 

Salah satu calon kuat Panglima TNI Panglima TNI yang akan menggantikan Jenderal Andika Perkasa, akan memasuki masa pensiunnya Desember 2022 adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

Baca Juga: Mengapa Surat Presiden ke DPR Tentang Pencalonan Panglima TNI Ditunda Sampai Besok?

Yudi digadang-gadang menjadi Panglima TNI selanjutnya. Sebelumnya, Surpres calon panglima TNI baru bakal diberikan oleh Istana kepada DPR pada Senin (28/11/2022) sore ini. 

Sekretaris Jenderal DPR Indra Iskandar mengungkapkan, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno bakal menyerahkan surpres tersebut kepada Ketua DPR Puan Maharani.  

"Untuk penyampaian surpres calon panglima TNI dijadwalkan hari ini jam 16.00, yang akan diterima oleh Ketua dan pimpinan DPR," kata Indra saat dikonfirmasi, Senin (28/11/2022). 

Setelah diterima DPR, surpres calon panglima TNI bakal ditindaklanjuti oleh mekanisme uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test. Proses uji kelayakan dan kepatutan itu bakal dilakukan oleh Komisi I DPR yang mengurus bidang pertahanan. 

Berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, Anggota Dewan punya waktu 20 hari untuk menjalankan mekanisme tersebut. Adapun DPR RI mesti segera melakukan proses tersebut sebelum memasuki masa reses pada 16 Desember 2022.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Prabowo soal Calon Panglima TNI: Seleksi DPR Pasti Baik, Alamiah, Profesional", Klik untuk baca: https://nasional.kompas.com/read/2022/11/28/15133041/prabowo-soal-calon-panglima-tni-seleksi-dpr-pasti-baik-alamiah-profesional

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×