kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,73   11,38   1.24%
  • EMAS1.310.000 -1,13%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dirjen Otda Kemdagri sebut ada 314 daerah ajukan pemekaran sepanjang tahun 2018


Rabu, 26 Desember 2018 / 17:45 WIB
Dirjen Otda Kemdagri sebut ada 314 daerah ajukan pemekaran sepanjang tahun 2018
ILUSTRASI. Soni Sumarsono


Reporter: TribunNews | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Jenderal (Dirjen) Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri, Sumarsono mengungkap ada 314 permintaan pemekaran daerah yang masuk kepada pihaknya selama tahun 2018. Dari jumlah tersebut belum ada satu pun permintaan yang direalisasikan.

Selain itu, menurut pria yang akrab disapa Soni tersebut berbagai prosesnya pun dihentikan sementara. “Jumlah itu wajar karena tak ada undang-undang yang melarang, tapi prosesnya kami hentikan sementara,” jelasnya ditemui di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Rabu (26/12).

Dia mengungkapkan ada dua alasan kenapa proses permintaan pemekaran daerah dihentikan sementara. Pertama karena ‘grand design’ penataan daerah seluruh Indonesia selama 25 tahun ke depan belum selesai.

"Kajian pemekaran daerah belum selesai dengan urusan daya dukung alam kepada daerah, daya dukung dan ‘grand design’-nya itu belum nyambung,” ungkap Soni. Kajian ‘grand design’ itu menurut Soni untuk memproyeksikan bagaimana idealnya Indonesia dalam 25 tahun mendatang termasuk dalam hal jumlah provinsi serta kabupaten dan kotanya.

Kedua adalah prosedur yang panjang seperti menetapkan suatu daerah sebagai daerah persiapan pemekaran, penataannya, dan penggabungan daerah, serta proses-proses itu harus menunggu ‘grand design’-nya selesai.

Soni menegaskan walaupun proses dihentikan sementara namun kajian ‘grand design’ tetap tak dihentikan. Ia juga mengatakan pihaknya perlu berhati-hati melakukan pemekaran daerah dengan mempertimbangkan pengalaman masa lalu. “Kami pernah mekarkan 18 daerah, namun dalam prosesnya hanya enam yang berkembang menjadi baik, sisanya kembali ke daerah induknya,” ujar Soni. (Rizal Bomantama)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Dirjen Otonomi Daerah Ungkap Ada 314 Daerah Ajukan Pemekaran Sepanjang 2018"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×