kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dimintai Rekomendasi Prabowo soal Calon Dirjen Pajak, Ini Jawaban Erick Thohir


Selasa, 05 Maret 2024 / 13:43 WIB
Dimintai Rekomendasi Prabowo soal Calon Dirjen Pajak, Ini Jawaban Erick Thohir
ILUSTRASI. Menteri BUMN Erick Thohir.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengaku kaget saat dimintai saran dan rekomendasi oleh Menteri Pertahanan sekaligus calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto, untuk mencari nama-nama calon Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) di pemerintahan baru mendatang.

“Wah saya juga tidak tau, baru tadi (dimintai saran). Saya benar-benar enggak tau. Ya pak Prabowo orangnya genuine, simpel, apa adanya gak menutup-nutupi,” tutur Eric saat ditemui dalam agenda Mandiri Investment Forum 2024, Selasa (5/3).

Erick menyampaikan, memang Prabowo menginginkan untuk dibantu mencari rekomendasi calon Dirjen Pajak yang mumpuni. Meski begitu, seleksinya akan tetap dipilih oleh Prabowo sendiri.

“Soal (calon) Dirjen Pajak juga, saya kaget ketika diminta masukan ya pasti kan bukan hanya saya, pak Chatib Basri diminta masukan juga. Kita lihat saja siapa yang terbaik,” tambahnya.

Baca Juga: Prabowo Yakin Rasio Pajak Bakal Lebih Baik

Ia juga menekankan Prabowo menginginkan kinerja perpajakan dalam negeri bisa menjadi salah satu faktor yang mendukung pertumbuhan ekonomi. Bahkan, jika Prabowo dinyatakan menang sebagai presiden selanjutnya, akan meningkatkan rasio pajak dari 10% ke 16%

“Nah itu strategi beliau ada lagi. Dibandingkan naikan pajak pribadi/korporasi yang kita kalah bersaing dengan negara-negara  tetangga,” jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Pertahanan sekaligus calon Presiden Indonesia nomor urut 02 Prabowo Subianto meminta saran kepada sejumlah tokoh terkait siapa orang yang cocok sebagai Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) di era kepemimpinan presiden selanjutnya.

Para tokoh tersebut yakni Menteri BUMN Erick Thohir, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Darmawan Junaidi, hingga eks Menteri Keuangan Chatib Basri.

Saran tersebut, untuk memenuhi targetnya jika menjadi Presiden di periode selanjutnya agar bisa meningkatkan rasio perpajakan Indonesia menjadi 16%.

“"Pak Erick, Pak Darmawan, Pak Kartiko, Pak Chatib mohon berikan saran kepada saya siapa yang kira-kira bisa dijadikan Dirjen Pajak,” tutur Prabowo dalam sambutannya di acara Mandiri Investment Forum, Selasa (5/3).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×