kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Di tengah pandemi, kalangan BUMD didorong untuk makin bersinergi


Sabtu, 11 September 2021 / 16:00 WIB
Di tengah pandemi, kalangan BUMD didorong untuk makin bersinergi
ILUSTRASI. BUMD didorong untuk meningkatkan kolaborasi.

Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kalangan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) didorong untuk meningkatkan sinergi dengan sejumlah pihak. Apalagi di tengah pandemi seperti sekarang ini.

Menteri BUMN RI Erick Thohir menegaskan pentingnya sinergi BUMN dan BUMD, Sinergi BUMN dan BUMD, perlu dikedepankan mendukung pertumbuhan ekonomi daerah dan nasional. 

“Sinergi antara BUMN dan BUMD yang punya kesamaan visi, perlu. Sinergi dan transformasi itu bagus untuk kepentingan rakyat,” kata dia dalam keterangannya saat penghargaan TOP BUMD Awards 2021.

Erick mengatakan bahwa setelah terdampak Covid-19 kini ekonomi Indonesia dalam tahap pemulihan, ada 10 propinsi yang sudah mencatat pertumbuhan positif.

Baca Juga: Sri Mulyani: Pengembangan manajemen SDM dukung tugas pengelolaan keuangan negara

“Usaha dan inisiatif dari pusat, tak cukup. Perlu keterlibatan pemda yang tentu lebih paham karakteristik daerahnya. Dan dalam hal itu, peran BUMD penting untuk jadi mitra serta menaikkan aktivitas usaha di daerah,” ujar Erick.

Sementara Kepala Balitbang Kemendagri Agus Fathoni menyebut sinergi BUMD perlu dikembangkan secara maksimal. Sinergi yang saling menguntungkan antara BPD dan BPR, dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan pembiayaan UMKM di daerah.

Dia bilang tidak perlu bersaing antar-sesama BUMD, namun justru bersinergi untuk saling menguatkan. Selain itu, BPD juga harus mendukung pengembangan bisnis BUMD-BUMD sektor lainnya.

Jika BUMD diintervensi secara tidak proporsional, maka akan menghambat pertumbuhan kinerja dan layanan BUMD. Intervensi, harus dilakukan secara positif, untuk mendukung BUMD.

Baca Juga: Bantuan Tunai untuk PKL dan Warung (BTPKLW) diluncurkan

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×