kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45702,42   14,31   2.08%
  • EMAS934.000 -1,06%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Di Lebaran Betawi, Jokowi berpantun Betawi


Minggu, 01 September 2013 / 14:18 WIB
Di Lebaran Betawi, Jokowi berpantun Betawi

Berita Terkait

Reporter: Barratut Taqiyyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo membuka dan menghadiri Lebaran Betawi di Silang Monumen Nasional, Jakarta, Minggu (1/9/2013) pagi. Dengan menggunakan baju tradisional khas Betawi, Jokowi resmi membuka acara yang dimulai sejak Sabtu kemarin.

Ada yang menarik saat Jokowi memberikan sambutannya. Walaupun bukan warga asli Betawi, ia membuka sambutan dengan berpantun bahasa Betawi. "Beli jahe tambah merice, bikin manisan pake kapulage. Ati aye amat bahagie, rayain Lebaran ame warge," kata Jokowi, Minggu.

Dalam kesempatan itu, Jokowi juga sempat meminta maaf kepada pengunjung yang memadati kawasan Monas. Setelah memberikan sambutan, Jokowi yang didampingi dengan para ulama dan petinggi Badan Musyawarah (Bamus) Betawi menerima antaran dari wali kota dan bupati di wilayah Ibu Kota serta Duta Besar Brunei Darussalam, Duta Besar Jepang, Duta Besar Lybia, Duta Besar Lebanon, dan Duta Besar Sudan.

Sebagian besar antaran itu berupa makanan dan produk khas wilayah masing-masing. Ada antaran berupa makanan kembang goyang, dodol Betawi, semur jengkol, rumput laut, keripik sukun, soto betawi, dan sebagainya.

Seusai menerima antaran, Jokowi bersama para ulama, tokoh agama Tuty Alawiyah, para dubes, dan pimpinan DPRD DKI disuguhi atraksi silat dari Dinas Olahraga dan Pemuda DKI.

Pada penyelenggaraan Lebaran Betawi tahun ini, wilayah yang menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Kepulauan Seribu. Tema acara kali ini adalah "Berpadu Wujudkan Jakarta Baru".

Lebaran Betawi merupakan wadah komunikasi dan silaturahim masyarakat Jakarta yang majemuk dengan mengangkat tradisi nilai keluhuran masyarakat Betawi. Adapun berbagai atraksi budaya khas Betawi akan ditampilkan, seperti tarian Betawi, gambang keromong, tanjidor, wayang kulit Betawi, keroncong Jakarta, sambrah, orkes melayu, ondel-ondel, layar tancap, lenong Betawi, palang pintu, dan permainan tradisional Betawi. Ada makanan minuman khas Betawi juga yang akan disajikan, seperti bir pletok, geplak, wajik, dan kerak telor. (Kurnia Sari Aziza/Kompas.com)





TERBARU

Close [X]
×