kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Demokrat tak cemaskan popularitas Jokowi


Selasa, 27 Agustus 2013 / 08:19 WIB
Demokrat tak cemaskan popularitas Jokowi
ILUSTRASI. Gedung?Waskita Karya (WSKT) di Jakarta.


Reporter: Barratut Taqiyyah | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

JAKARTA. Ketua Harian DPP Partai Demokrat Syarief Hasan mengaku tidak khawatir atas melesatnya elektabilitas Joko Widodo alias Jokowi sebagai calon presiden di pemilu 2014. Syarief yakin elektabilitas capres Demokrat nantinya akan di atas Jokowi.

"Sama sekali tak khawatir," kata Syarief di Jakarta, Senin ( 26/8/2013 ) malam, ketika dimintai tanggapan atas hasil survei terbaru Litbang Kompas. Dia berkeyakinan para kandidat yang akan mengikuti Konvensi Capres Partai Demokrat akan segera naik elektabilitasnya setelah sosialisasi ke daerah.

Menurut Syarief, masih ada waktu satu tahun hingga Pemilu Presiden 2014 digelar. Hingga saat itu, ujar dia, masih cukup waktu untuk sosialisasi para kandidat. "Kita lihat saja nanti," tegas dia.

Seperti diberitakan, Litbang Kompas melalui dua survei opini publik (longitudinal survey) terhadap 1.400 responden di 33 provinsi mendapatkan semakin besarnya proporsi pemilih yang sudah dapat memastikan pilihannya pada pemilu mendatang. Pada saat bersamaan, proporsi responden yang enggan menjawab, merahasiakan, atau belum tahu kandidat pilihannya, juga menurun.

Dari proporsi responden yang telah memastikan pilihannya, mengerucut lima nama saja kandidat yang "masuk hitungan" berdasarkan survei itu. Kelima kandidat adalah Joko Widodo, Prabowo Subianto, Aburizal Bakrie, Megawati Soekarnoputri, dan Jusuf Kalla. Kelima nama tersebut mendapatkan dua pertiga suara responden, dan hanya 18,2 persen suara yang diperebutkan oleh 16 kandidat selain lima nama itu.

Hasil survei Litbang Kompas itu juga menunjukkan elektabilitas Jokowi meroket dari 17,7 persen pada Desember 2012 menjadi 32,5 persen pada Juni 2013. Sementara perolehan dukungan empat nama lainnya jauh di bawahnya. Adapun para tokoh yang diundang Komite Konvensi Capres Demokrat, yakni Mahfud MD, Dahlan Iskan, Pramono Edhie Wibowo, dan Anies Baswedan, elektabilitas mereka masih di bawah lima persen berdasarkan survei tersebut. (Sandro Gatra/Kompas.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×