kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45801,69   11,79   1.49%
  • EMAS1.048.000 1,85%
  • RD.SAHAM 0.85%
  • RD.CAMPURAN 0.40%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Demi pulihkan ekonomi, Menko Airlanga: Pemerintah berupaya perbaikan regulasi


Minggu, 05 Juli 2020 / 09:14 WIB
Demi pulihkan ekonomi, Menko Airlanga: Pemerintah berupaya perbaikan regulasi
ILUSTRASI. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan sambutan saat meninjau lokasi lahan pertanian di Desa Belanti Siam, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah, Sabtu (27/6/2020). Peninjauan menteri tersebut terkait rehabilitasi saluran irigasi di lahan pe

Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada masa kebijakan new normal saat ini, pemerintah berusaha mengembalikan kegiatan ekonomi masyarakat yang menurun drastis akibat pandemi Covid-19. Demand shock yang terjadi beberapa waktu terakhir, mengakibatkan terhambatnya arus kegiatan perdagangan.

Dalam upaya memulihkan kembali ekonomi dalam negeri, pemerintah akan terus mengupayakan perbaikan dari sisi regulasi, tata kelola pemerintah, serta reformasi di sektor kesehatan.

Baca Juga: Mulai hari ini, penumpang di Bandara Ngurah Rai tak perlu Swab Test, cukup pakai ini

“Semua itu agar publik kembali percaya dalam menjalankan aktivitas ekonominya,” ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam keterangan tertulisnya, Minggu (5/7).

Airlangga melanjutkan, di masa pandemi seperti saat ini memang tidak semua sektor mengalami perlambatan. Masih ada sektor bisnis yang berjalan dengan baik, seperti sektor rokok dan tembakau, makanan pokok, batu bara, farmasi dan alat kesehatan, serta minyak nabati atau hewani.

Untuk itu, pemerintah optimistis pertumbuhan ekonomi di tahun ini masih akan tumbuh positif di kisaran 0%-0,5%. Terlebih, kondisi ekonomi diprediksi akan membaik pada kuartal ketiga dan keempat mendatang.

“Salah satu yang bisa membantu adalah peran pemerintah, jadi kami akan mendorong government spending besar ke depannya agar pertumbuhan ekonomi tidak negatif di akhir tahun ini. Sementara untuk tahun 2021 mendatang, Indonesia diprediksi sudah masuk jalur positif,” paparnya.

Baca Juga: Kementan sebut kalung eucalyptus sebagai antivirus vorona, IDI angkat bicara

Ia sendiri meyakini Indonesia merupakan negara yang mempunyai tingkat ketahanan tinggi. Apabila dibandingkan dengan era setelah krisis ekonomi 1998, menurut Airlangga saat ini Indonesia masih terbantu dengan sektor finansial yang masih menjadi buffer kuat untuk ekonomi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×