kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.306.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Delegasi Anak Muda Indonesia di COP28, Salah Satunya Putra Garibaldi Thohir


Senin, 04 Desember 2023 / 22:15 WIB
Delegasi Anak Muda Indonesia di COP28, Salah Satunya Putra Garibaldi Thohir
ILUSTRASI. KTT COP29 di Dubai Uni Emirat Arab, atau the UN Framework Convention on Climate Change (COP28) ke-28 akan berlangsung tanggal 30 November 2023 hingga 12 Desember 2023 di Expo City Dubai. Foto : Ist /cop28.com


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Konferensi Tingkat Tinggi Perserikatan Bangsa-bangsa tentang Perubahan Iklim (COP 28) menjadi ajang unjuk diri bagi Indonesia akan kepedulian terhadap menjaga lingkungan. Tak hanya pemerintah, sejumlah aktivis lingkungan juga ikut dalam perhelatan yang berlangsung di Dubai. 

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan, dalam sesi khusus yang bertajuk Our Dream, Our Action, ada empat perwakilan anak muda dari berbagai negara. Dari Indonesia, ada Gamma Thohir dan Zagy Berian. Selain itu ada Ali Al-Shemmari dan Lara Rudar dari Uni Emirat Arab. 

“Mereka membawakan peran esensial dalam peralihan dari energi fosil menuju sumber energi terbarukan,” kata Siti dalam rilis.

Baca Juga: Indonesia Berkomitmen Capai Nol Emisi Karbon Sebelum 2060

Gamma Thohir adalah seorang inisiator Desa Bumi sejak usia 15 tahun. Putra dari Garibaldi Thohir ini membuka akses energi mikrohidro bagi masyarakat adat di Desa Cipta Gelar. 

Desa Bumi menyediakan energi terbarukan kepada masyarakat pedesaan yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Inisiatif ini juga memberikan kontribusi signifikan, seperti dukungan berupa solar cell bagi Desa Liyu di Kalimantan Selatan pada tahun 2022. 

Desa Bumi garapan ponakan Erick Thohir ini membuat instalasi panel surya bagi unit usaha perikanan di pesantren Miftahul Ulum, Bangkiling Raya, Kalimantan Selatan pada tahun 2023. Pengalaman Gamma dalam menyediakan akses energi terbarukan bagi tiga desa ini menegaskan pentingnya kolaborasi lintas batas bagi anak muda dalam mempercepat peralihan ke energi terbarukan. 

Sementara Zagy mewakili Society of Renewable Energy (SRE). Siti berharap,  langkah-langkah seperti ini akan menjadi inspirasi bagi anak muda di seluruh dunia untuk aktif terlibat dalam solusi terhadap tantangan perubahan iklim global. 

Baca Juga: Hasil COP-20 di Dubai, PLTU Cirebon-1 Resmi Disuntik Mati Pada tahun 2035

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×