kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.015,18   6,97   0.69%
  • EMAS984.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -1.86%
  • RD.CAMPURAN -0.70%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Deadline Peralihan TV Digital November, Masih Ada Kekurangan STB


Selasa, 18 Januari 2022 / 23:26 WIB
Deadline Peralihan TV Digital November, Masih Ada Kekurangan STB
ILUSTRASI. Menkominfo Johnny G. Plate dalam Rapat Kerja bersama Komisi I DPR RI dan Rapat Dengar Pendapat dengan Dewan Pengawas dan Direktur Utama LPP TVRI mengenai Pelaksanaan Digitalisasi Penyiaran, di Ruang Rapat Komisi I DPR RI, Selasa (18/01/2022).


Reporter: Abdul Basith Bardan | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate memaparkan masih ada kekurangan penyediaan set top box (STB) untuk masyarakat miskin. Total kebutuhan STB untuk masyarakat miskin sesuai Data Terpadu Kesejahteraan Sosial sebanyak 6,73 juta rumah tangga miskin.

Namun, masih terdapat kekurangan sebanyak 1,52 juta STB. "Saat ini masih perlu diusahakan, dicarikan jalan keluar kebutuhan set top box," ujar Johnny saat rapat dengan Komisi I DPR RI, Selasa (18/1).

Penyediaan STB untuk rumah tangga miskin tersebut dilakukan oleh penyelenggara multiplexing. Selain itu juga pengadaannya akan dilakukan oleh pemerintah.

Baca Juga: Cara dapat Set Top Box (STB) gratis, TV analog akan dimatikan mulai tahun depan

Namun, berdasarkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), pemerintah hanya melakukan pengadaan sebanyak 1 juta STB. Pelaksanaan peralihan TV digital atau analog switch off (ASO) akan dilakukan bertahap mulai April 2022.

"Tahap pertama pelaksanaan ASO akan dilaksanakan pada 30 April tahun 2022 ini di 56 wilayah layanan siaran, di 166 kabupaten dan kota," terang Johnny.

Pada pelaksanaan tahap pertama itu, Johnny menyampaikan tak ada kekurangan jumlah STB. Namun, pada tahap kedua yang dilakukan paling lambat 25 Agustus 2022 di 110 kabupaten/kota itu terdapat kekurangan penyediaan 153.949 STB.

Baca Juga: Pasca putusan MK, Kominfo tetap lanjutkan migrasi TV analog ke TV digital

Sementara itu tahap ketiga dilakukan paling lambat 30 November di 65 kabupaten/kota. Total kekurangan penyediaan STB di wilayah tersebut sebanyak 1,36 juta STB.

Menanggapi kekurangan tersebut, Komisi I meminta Kementerian Kominfo memastikan penyediaan STB tersebut. Termasuk dalam penyaluran agar tepat sasaran, tepat waktu, dan tepat jumlah.

"Memastikan ketersediaan STB sesuai kebutuhan masyarakat dengan mekanisme yang jelas merujuk pada tahapan ASO yang telah ditetapkan," ungkap Wakil Ketua Komisi I DPR RI Abdul Kharis Almasyhari membacakan kesimpulan rapat.

Baca Juga: Cek TV kamu sekarang, apakah digital atau analog? Caranya mudah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×