kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Darmin, Fuad, dan Gita calon kuat Menkeu


Selasa, 26 Februari 2013 / 15:01 WIB
Darmin, Fuad, dan Gita calon kuat Menkeu
ILUSTRASI. Inilah 5 Fakta Tentang Kondisioner yang Harus Anda Tahu


Reporter: RR Putri Werdiningsih | Editor: Amal Ihsan

JAKARTA. Kabar soal siapa yang bakal menggantikan Agus Martowardojo sebagai menteri keuangan mulai ramai. Selain Darmin Nasution, Direktur Jenderal Pajak A. Fuad Rahmany dan Menteri Perdagangan Gita Wiryawan juga disebut-sebut sebagai kandidat kuat. Nama lainnya yang juga beredar adalah Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional Armida Alisyahbana dan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan Hadi Poernomo.

Nama-nama ini rupanya mendapatkan sambutan positif dari sejumlah anggota dewan. Cuma, Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Zulkiefliemansyah tak sungkan menyebut Darmin yang paling cocok menduduki jabatan sebagai Menkeu. "Dari segi senioritas, beliau cocok disana," katanya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (26/2).

Meski menyebut sosok lain seperti Fuad Rahmany, Gita Wiryawan, Armida, dan Hadi Poernomo juga layak menggantikan posisi Agus, tetapi politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu melihat Darmin yang paling pas. Setidaknya, Darmin minim kontroversi. "Kalau mau tidak gaduh, memang memindahkan  Darmin ke sana lebih aman," imbuhnya.

Hal yang sama juga diungkapkan anggota komisi XI asal PDI Perjuangan, Arif Budimanta. Menurutnya, kalau memang Presiden mencari sosok yang minim resistensi dam mempunyai pengalaman panjang di bidang fiskal dan moneter maka tak salah kalau pilihan jatuh ke Darmin. DPR pun tak akan mempermasalahkan kalau pun nantinya terjadi pertukaran jabatan antara Darmin dan Agus.

Seperti diketahui, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono elah mengusulkan Menkeu Agus Martowardojo sebagai calon Gubernur Bank Indonesia. Jika nantinya mantan dirut Bank Mandiri itu lolos uji kelayakan dan kepatutan di DPR, tentunya Presiden harus menyiapkan pengantinya. Sayangnya hingga kini pihak istana masih merahasiakan siapa nama yang disiapkan presiden untuk menggantikan Agus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×