kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,80   9,76   1.04%
  • EMAS1.014.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Dari sisi medis, vaksinasi Covid-19 aman dilakukan saat puasa


Selasa, 13 April 2021 / 11:15 WIB
Dari sisi medis, vaksinasi Covid-19 aman dilakukan saat puasa


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah berlangsung sampai saat ini. Program vaksin ini rencananya bakal tetap berjalan hingga beberapa bulan ke depan, termasuk saat bulan puasa pada April mendatang.

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Siti Nadia Tarmizi menegaskan vaksinasi akan tetap dilanjutkan selama bulan puasa. Kegiatan ini terus dilakukan dan akan tetap memperhatikan kondisi umat islam yang menjalankan puasa.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan Fatwa Nomor 13 Tahun 2021 tentang Hukum Vaksinasi COVID-19 menyebutkan vaksinasi tidak membatalkan puasa, dan boleh dilakukan pada umat Islam yang sedang berpuasa.

Baca Juga: Biar lebih manjur, China berencana mencampurkan beberapa vaksin Covid-19

Dr Caesar Givani, Founder & CEO at ceklab.id mengungkapkan, dari sisi medis, vaksinasi aman dilakukan saat puasa. Ia juga yakin bahwa pemberian vaksin COVID-19 saat berpuasa juga tidak akan berpengaruh pada kondisi tubuh saat puasa selama dalam kondisi fit.

"Cuma memang kadang muncul efek samping pasca vaksin seperti meriang, dan lain-lain. Hal itu normal muncul baik saat puasa ataupun tidak," kata dr Caesar saat dihubungi kontan.co.id, Senin (12/4).

Ia pun memberikan tips ketika akan melakukan vaksinasi saat puasa seperti, mulai sehari sebelum vaksinasi usahakan untuk istirahat yang cukup, hindari stress, minum banyak air putih serta makan cukup & bergizi saat sahur dan berbuka.

"Serta hindari rokok dan alkohol, hal ini untuk menyiapkan imun tubuh agar dalam kondisi prima untuk membentuk antibodi terhadap vaksinasi, serta menghindari tekanan darah tinggi yang tiba-tiba saat vaksinasi," tutur dr Caesar.

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

Selanjutnya: Kemenag bantah informasi vaksin Sinovac tak bisa digunakan sebagai syarat umrah

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×