kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Dana rehabilitasi rumah terdampak bencana tsunami Banten diberikan tunai


Senin, 18 Februari 2019 / 12:06 WIB

Dana rehabilitasi rumah terdampak bencana tsunami Banten diberikan tunai

Berita Terkait

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo sepakat berikan bantuan rehabilitasi rumah di daerah terdampak bencana tsunami Banten berbentuk uang tunai.

Hal itu untuk mempercepat rehabilitasi rumah yang rusak. Jokowi pun telah meminta kepada Kepala Badam Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera menyelesaikan masalah rumah rusak.


"Di sini ada 800-an rumah yang tadi sudah diputuskan diberikan dalam bentuk uang dan saya sudah setuju tadi," ujar Jokowi dalam siaran pers, Senin (18/2).

Jokowi berharap pemberian uang tunai dapat membuat proses rehabilitasi berlangsung cepat. Rumah yang rusak tersebut pun telah didata sebelumnya dan ditetapkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) dan BNPB.

Rehabilitasi rumah terdampak bencana dialkukan secara bertahap. Sebelumnya pemerintah berfokus pada rehabilitasi dampak bencana gempa dan tsunami di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sulawesi Tengah (Sulteng).

Selain rehabilitasi, Jokowi juga menekankan adanya pendidikan bencana. Pendidikan tanggap bencana tersebut sudah mulai dilakukan. "Tadi kita tes anak yang sudah, saya kira tangkapnya cepat dan bisa mempraktikkan," terang Jokowi.

Nantinya pendidikan bencana akan dilakukan di seluruh wilayah Indonesia. Terutama daerah yang rawan terjadi bencana.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan telah terpasang radar pemantau tsunami di Serang. Nantinya akan ada tambahan dua radar di tempat lain Maret mendatang.


Reporter: Abdul Basith
Editor: Yudho Winarto

Video Pilihan

Tag

Close [X]
×