kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Daftar Di Snpdb-madrasah.kemenag.go.id, PPDB Madrasah Aliyah Unggulan 2023 Dibuka


Rabu, 11 Januari 2023 / 07:11 WIB
Daftar Di Snpdb-madrasah.kemenag.go.id, PPDB Madrasah Aliyah Unggulan 2023 Dibuka
ILUSTRASI. Pendaftaran SNPBD madrasah unggulan tahun 2023 dibuka secara online di website Snpdb-madrasah.kemenag.go.id mulai 9 Januari 2023


Reporter: Adi Wikanto | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Segera kunjungi website https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/. Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) atau Seleksi Nasional Peserta Didik Baru (SNPDB) pada sejumlah Madrasah Aliyah (MA) unggulan tahun 2023 sudah dibuka.

Pendaftaran SNPBD madrasah unggulan tahun 2023 dibuka secara online di website Snpdb-madrasah.kemenag.go.id mulai 9 Januari 2023. Cara pendaftaran SNPDB madrasah unggulan tahun 2023 bisa disimak di artikel ini.

Dilansir dari website resmi Kementerian Agama (Kemenag), ada tiga pilihan pendaftaran SNPDB madrasah unggulan tahun 2023, yaitu: Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC), Madrasah Aliyah Negeri Program Keagamaan (MAN PK), dan Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri (MAKN). 

Pendaftaran SNPDB madrasah unggulan dibuka di website Snpdb-madrasah.kemenag.go.id hingga 11 Februari 2023. “SNPDB digelar untuk mendapatkan calon peserta didik terbaik, sekaligus membuka kesempatan bagi seluruh anak bangsa untuk berkompetisi mendapatkan layanan pendidikan terbaiknya," jelas Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah M. Isom, Selasa (10/1/2022).

Isom mengatakan, SNPDB madrasah unggulan Tahun Pelajaran 2023/2024 sengaja dilakukan lebih awal. Dia berharap SNPDB madrasah unggulan Tahun Pelajaran 2023 ini dapat menjaring lulusan terbaik siswa MTS/SMP, dalam negeri maupun luar negeri, yang memiliki potensi kecerdasan tinggi di bidang akademik, keimanan dan ketakwaan serta berkepribadian yang unggul, dan berwawasan kebangsaan yang tinggi.

Dijelaskan Isom setiap pilihan kelompok madrasah memiliki keunggulannya masing-masing. MAN IC misalnya, madrasah ini memiliki keunggulan di bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Iptek) serta diperkuat dengan Iman dan Taqwa (Imtaq). Keberadaan MAN Insan Cendikia ini diharapkan dapat berfungsi sebagai Magnet School yaitu menjadi model dan inspirasi bagi madrasah-madrasah lain di sekitarnya.

"MAN Insan Cendekia ini seringkali menggondol prestasi olimpiade, baik tingkat nasional maupun Internasional. Ada 24 MAN IC yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia,” papar Moh. Isom.

Baca Juga: Jelang Pendaftaran SNBP, Cek Universitas Terbaik Di Indonesia 2022 & 2023 QS WUR

MAN Program Keagamaan adalah Madrasah Aliyah yang menyiapkan peserta didiknya untuk mendalami ilmu-ilmu keagamaan Islam (tafaqquh fiddin). Tujuannya, mendidik mereka untuk menjadi ulama dan cendekiawan muslim nusantara.

"MAN Program Keagamaan merupakan salah satu program unggulan nasional dalam bidang keagamaan berbasis asrama dengan penekanaan pada kurikulum keagamaan yang padat serta penguasaan Bahasa Arab dan bahasa Inggris. Ada 10 MAN Program Keagamaan yang ada di Indonesia," urainya.

Adapun Madrasah Aliyah Kejuruan Negeri,  memiliki keunggulan di bidang kejuruan dengan kekhasan agama Islam. MAKN dihadirkan untuk mempersiapkan peserta didiknya menjadi pengusaha, enterpreneur dan pekerja yang siap bersaing dan berkompetisi di dunia kerja global.

"Kementerian Agama mengundang seluruh anak-anak Indonesia untuk mengikuti seleksi tersebut. Untuk mendaftar dan mendapatkan informasi lebih lanjut tentang SNPDB ini, silahkan kunjungi website https://snpdb-madrasah.kemenag.go.id/," tandasnya.

Cara pendaftaran SNPDB madrasah unggulan Tahun Pelajaran 2023

Pendaftaran SNPDB madrasah unggulan Tahun Pelajaran 2023 berlangsung secara online melalui website Snpdb-madrasah.kemenag.go.id.

Berikut cara pendaftaran SNPDB madrasah unggulan Tahun Pelajaran 2023 di website Snpd-madrasah.kemenag.go.id:

1. Buat akun

Buat akun pendaftaran SNPDB madrasah unggulan Tahun Pelajaran 2023 di website Snpdb-madrasah.kemenag.go.id. Akun akan digunakan selama proses SNPBD berlangsung.

2. Pilih jalur pendaftaran

Pilihlan jalur tes atau jalur prestasi sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

3. Pilih madrasah tujuan

Pilihlah madrasah pilihan 1 dan madrasah pilihan 2

4. Unggah berkas persyaratan

Unggah berkas-bekas persyaratan sesuai dengan jalur pendaftaran yang dipilih

5. Selesaikan pendaftaran

Kirim pendaftaran agar dapat diverifikasi oleh panitia dan unduh bukti pendaftaran Anda.

Itulah informasi terkait pendaftaran SNPDB madrasah unggulan Tahun Pelajaran 2023 di website Snpdb-madrasah.kemenag.go.id. Segera kunjungi website Snpdb-madrasah.kemenag.go.id untuk daftar SNBPD madrasah unggulan tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×