kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,75   9,15   1.02%
  • EMAS1.378.000 0,95%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CPNS Segera di Buka, Ada 40.021 Formasi CPNS Penempatan di IKN


Selasa, 02 Juli 2024 / 10:49 WIB
CPNS Segera di Buka, Ada 40.021 Formasi CPNS Penempatan di IKN
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Abdullah Azwar Anas memberikan keterangan dalam konferensi pers terkait penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) Summit 2024 di Kantor KemenPAN-RB, Jakarta, Minggu (26/5/2024). SPBE Summit 2024 yang akan dilaksanakan pada 27 Mei 2024 di Istana Negara tersebut akan diisi dengan kegiatan peluncuran GovTech Indonesia yang merupakan layanan digital terpadu yang mengintegrasikan beragam layanan dari kementerian dan lembaga dalam satu portal. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah Indonesia akan segera membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2024 dengan total formasi sebanyak 40.0121 di berbagai instansi pusat, yang mayoritas akan ditempatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Hal ini disampaikan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Abdullah Azwar Anas.

Anas menjelaskan bahwa pemerintah telah mengalokasikan sebagian besar formasi tersebut untuk penempatan di IKN, termasuk di Kementerian Kesehatan. 

Baca Juga: Pemerintah Siapkan Tiga Skema Pengadaan ASN di IKN

"Kemenkes telah mengalokasikan formasi CPNS untuk IKN, selain penempatan di unit kerja mereka di berbagai daerah," kata Anas pada Senin (1/7).

Dari total formasi CPNS tersebut, sebanyak 40.021 diantaranya khusus dialokasikan untuk IKN, dengan pemerintah memberikan afirmasi 5% untuk putra-putri terbaik Kalimantan Timur. Anas menyatakan hal ini sebagai kesempatan bagi mereka untuk berkontribusi melalui IKN.

Pemerintah juga tengah merancang skema pemindahan dan menghitung kebutuhan total Aparatur Sipil Negara (ASN) di IKN. Selain melalui rekrutmen CPNS tahun ini, pemindahan ASN ke IKN akan dilakukan secara bertahap, dengan prioritas pemindahan 179 unit eselon I dari 38 K/L dan 91 unit eselon dari 29 K/L.

Baca Juga: Sudah Diumumkan, Ini Formasi CPNS Pemerintah Pusat 2024, Lulusan SMA Bisa Ikut Daftar

Untuk mendukung pemindahan ini, pemerintah menjamin fasilitas termasuk insentif pionir yang sedang difinalisasi bersama Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Selanjutnya, skema pemindahan akan melibatkan mutasi pegawai dari Pemerintah Daerah (Pemda) di sekitar IKN secara terbuka dan kompetitif.

Anas menegaskan bahwa mutasi ini akan mempertimbangkan efektivitas kinerja di seluruh Pemda di sekitar IKN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×