kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cegah Penumpukan Puncak Arus Balik, Presiden Imbau Masyarakat Mundurkan Jadwal Balik


Senin, 24 April 2023 / 07:23 WIB
Cegah Penumpukan Puncak Arus Balik, Presiden Imbau Masyarakat Mundurkan Jadwal Balik
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo menyampaikan ucapan selamat hari raya IdulFitri 1444H.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Puncak arus balik mudik Lebaran 2023 diperkirakan terjadi pada hari ini hingga esok, 24-25 April 2023.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, guna memecah penumpukan lalu lintas jalan ketika arus balik terutama di ruas tol Jakarta-Cikampek, masyarakat yang tidak memiliki keperluan mendesak diminta memundurkan jadwal untuk kembali.

"Untuk memecah penumpukan yang terjadi pada puncak arus balik di tanggal 24 dan 25 April 2023 secara bersamaan, pemerintah mengajak masyarakat yang tidak ada keperluan mendesak untuk menghindari puncak harus balik tersebut," kata Jokowi dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (24/4).

Hal tersebut berkaca pada data Kementerian Perhubungan yang memprediksi adanya potensi 203.000 kendaraan per hari dari arah timur Jalan Tol Trans Jawa dan dari arah Bandung akan melalui Tol Jakarta-Cikampek. Potensi tersebut, sangat besar dibandingkan dari jumlah normalnya yaitu 53.000 kendaraan.

Baca Juga: Kementerian PUPR dan BUJT Kembali Berikan Diskon Tarif 12 Ruas Tol Saat Arus Balik

Maka kembali Jokowi mengatakan, untuk memecah potensi penumpukan lalu lintas saat puncak arus balik masyarakat yang tidak memiliki keperluan mendesak, diminta menunda jadwal kembali.

Masyarakat diminta dapat menunda atau mengundurkan jadwal kembali setelah tanggal 26 April 2023. Adapun imbauan ini kata Jokowi berlaku untuk ASN, TNI, Polri, BUMN, ataupun pegawai swasta.

Secara teknis, dia meminta instansi dan perusahaan swasta dapat memberikan cuti tambahan ataupun bentuk cuti lainnya bagi masyarakat yang menunda jadwal kembali.

"Ketentuan ini berlaku untuk ASN, TNI, Polri dan BUMN ataupun pegawai swasta yang teknisnya dapat diatur oleh instansi ataupun perusahaan masing-masing seperti bentuk cuti tambahan atau cuti lainnya," imbuh Jokowi.

Baca Juga: Puncak Arus Balik Mulai Hari Ini, Berikut Imbauan Kakorlantas

Tak lupa Presiden juga meminta masyarakat untuk tetap hati-hati berkendara saat arus balik dan mematuhi semua aturan serta semua arahan petugas di lapangan.

Selain itu, untuk arus mudik Lebaran tahun ini Jokowi menilai dapat dikelola dengan baik. Sehingga puncak arus mudik terbesar beberapa hari lalu dapat dilalui dengan baik.

"Alhamdulillah pemerintah dan seluruh pihak yang terlibat serta peran masyarakat kita dapat mengelola arus mudik dengan sebaik-baiknya. Sehingga puncak harus mudik tertinggi sepanjang sejarah beberapa hari yang lalu dapat kita lalui dengan baik," ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×