kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,31   5,71   0.57%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Catat! Ini janji dan mimpi Jokowi jika jadi presiden lagi


Senin, 18 Februari 2019 / 07:18 WIB
Catat! Ini janji dan mimpi Jokowi jika jadi presiden lagi


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam debat kedua yang digelar Minggu (17/2), kedua capres menyampaikan pencapaian dan janji jika menjadi presiden terpilih 2019 - 2024. Ada sejumlah janji yang disampaikan Jokowi.

Koneksi Broadband Indonesia Timur Selesai

Jokowi berjanji bahwa Indonesia dalam waktu dekat akan menjadi negara dengan konektivitas data terbaik. Jokowi mengatakan, "Kita telah bangun yang namanya Palapa Ring. Ini adalah tersambungnya backbone dengan broadband yang berkecepatan tinggi."

Jokowi mengatakan, wilayah Indonesia timuir pada 2019 akan terkoneksi. "Di Indonesia bagian barat telah 100% kita selesaikan. Di Indonesia bagian tengah 100% kita selesaikan. Indonesia bagian timur telah selesai 90% dan akan kita selesaikan pada tahun ini," kata dia.

Perkembangan Digital Indonesia Bakal Makin Matang

Jokowi berjanji memicu kemajuan digital, terutama dalam membangun bisnis startup dan skala kecil. Salah satu yang hendak dibangunnya adalah perekonomian petani. "Perlunya petani dikenalkan pada yang namanya marketplace sehingga mereka bisa berjualan secara online sehingga hubungan antara petani dengan konsumen ini semakin dekat," katanya.

"Menyiapkan juga usaha-usaha kecil, usaha-usaha mikro, usaha supermikro untuk tahu bagaimana mereka bisa memanfaatkan online sistem ini, sehingga membangun ekosistem offline dan membangun ekosistem online sangat diperlukan dalam waktu yang sangat cepat," imbuhnya.

Jokowi bercita-cita menyiapkan Indonesia di era industri 4.0.

Bahan Bakar Biodiesel

Jokowi menyatakan, dalam masa pemerintahannya Indonesia telah memicu pengembangan biodiesel berbasis kelapa sawit. Capaian saat ini adalah B20, alias 20% adalah biodiesel sementara sisanya masih bahan bakar fosil.

Dia berjanji dalam masa pemerintahannya akan mengembangkan B 100. "Kita ini sekarang menuju kepada yang namanya B-100 sehingga kita harapkan 30% dari total produksi dari kelapa sawit nanti akan masuk kepada biofuel. Sudah kita rencanakan, plan-nya sudah sangat rigid dan sudah sangat jelas. Ini yang sedang kita kerjakan sehingga kita tidak ketergantungan kepada minyak dari impor," kata Jokowi.

Lahan untuk Masyarakat

Jokowi menyatakan, dalam dua tahun terakhir, pihaknya telah membagikan konsesi pada masyarakat adat, nelayan, dan lainnnya. Jumlah yang telah dibagikan adalah 2,6 juta hektare dari 12,7 hektare yang ditargetkan. "Yang kita siapkan kita juga mendampingi mereka agar tanah tanah yang sudah kita berikan ini menjadi produkif," kata Jokowi.

Dia menyatakan telah membagikan lebih dari 7 juta sertifikat untuk orang kecil sehingga bisa mengupayakan kehidupan lewat pengelolaan lahan. Jokowi kembali membawa wacana ekonomi maritim dalam debat.

"Yang ketiga juga perlu ke depan infrastruktur yang berkaitan dengan laut ini kita benahi secara besar-besaran. Tol laut telah terus kita sediakan. Terutama di Indonesia bagian timur karena kita memiliki tujuh belas ribu pulau. Konektivitas antarpulau, pelabuhan, tol laut ini juga harus secara konsisten kita selesaikan agar betul-betul laut memberikan manfaat kepada rakyat kepada bangsa dan kepada negara," katanya.

Jokowi juga mengunggulkan program bank mikro yang dinyatakan akan semakin dikembangkan ke depan.

1.000 Unicorn

Jokowi menyataklan, "Kita tahu di negara Asian ada tujuh unicorn dan empatnya ada di Indonesia. Oleh sebab itu kita ingin agar tidaknya empat tetapi ada tambahan-tambah unicorn baru." Ia bermimpi ada 1.000 unicorn baru di Indonesia. Karenanya, dia berjanji mendukung ekonomi untuk startup dan usaha kecil. (Yunanto Wiji Utomo)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Catat, Janji dan Mimpi Jokowi jika Jadi Presiden Lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×