kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45913,72   -9,77   -1.06%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Calon Jemaah Haji Belum Divaksinasi Lengkap, Ini Cara Cek Lokasi Vaksin Covid-19


Rabu, 18 Mei 2022 / 15:00 WIB
Calon Jemaah Haji Belum Divaksinasi Lengkap, Ini Cara Cek Lokasi Vaksin Covid-19
ILUSTRASI. Calon Jemaah Haji Belum Divaksinasi Lengkap, Ini Cara Cek Lokasi Vaksin Covid-19


Sumber: Sekretariat Kabinet RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak cara cek lokasi vaksin Covid-19 terdekat secara mudah menggunakan handphone (hp). Calon jemaah haji yang akan berangkat tahun 2022 ini wajib mendapatkan vaksin Covid-19 dosis lengkap.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mencatat baru sekitar 76 persen calon jemaah haji yang akan diberangkatkan tahun 2022 ini yang sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 dosis lengkap. Nah, agar jemaah haji bisa berangkat tahun 2022 ini, wajib segera mencari lokasi vaksin Covid-19 untuk mendapatkan vaksinasi dosis lengkap.

“Per hari ini baru 76 persen yang sudah dosis lengkap. Artinya, baru 76 persen jemaah yang bisa berangkat ke tanah suci,” ujar Kepala Pusat Kesehatan Haji, Kemenkes, Budi Sylvana, saat Pembukaan Bimbingan Teknis Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Selasa (17/05/2022).

Budi mengatakan, vaksinasi COVID-19 dosis lengkap menjadi salah satu syarat utama dari Arab Saudi untuk memberangkatkan jemaah haji. Sehingga jemaah yang belum divaksinasi dosis lengkap, berpotensi untuk tidak dapat diberangkatkan

Budi pun meminta semua pihak khususnya petugas kesehatan untuk meyakinkan para jemaah haji untuk segera mau melakukan vaksinasi lengkap.

“Menjadi tugas kita sama-sama untuk menyakinkan jemaah untuk sesegera mungkin melengkapi vaksinasi dosis lengkap sesuai yang dipersayaratkan,” ujarnya.

Baca Juga: Indonesia Bebas Masker, Apakah Pandemi Sudah Berubah Jadi Endemi? Ini Kata Menkes

Cara cek lokasi vaksin Covid-19

Mengutip Kompas.com, Cek lokasi vaksinasi Covid-19 terdekat bisa dilakukan secara online. Setidaknya ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mencari lokasi vaksin Covid-19 terdekat, yakni via Google Maps dan situs resmi pemerintah di alamat corona.jakarta.go.id khusus untuk warga yang berdomisili DKI Jakarta.

Kendati demikian, warga non-KTP Jakarta yang berdomisili di Jakarta pun tetap bisa mengecek dan melakukan vaksinasi lewat situs tersebut. Lewat cara tersebut, masyarakat bisa mencari informasi lokasi vaksin terdekat, baik vaksin pertama, kedua, hingga vaksin ketiga atau booster.

Berikut merupakan beberapa cara cek lokasi vaksinasi Covid-19 terdekat yang bisa dilakukan secara online:

Cara cek lokasi vaksin Covid-19 terdekat lewat situs corona.jakarta.go.id

  • Akses laman corona.jakarta.go.id
  • Pilih menu “Vaksinasi” dan pilih opsi “Kuota Vaksinasi JAKI”
  • Pada laman selanjutnya, Anda dapat menentukan lokasi vaksinasi, tanggal vaksinasi, jenis faskes, nama vaksin, wilayah, kecamatan, kelurahan dan dosis vaksin

Cara cek lokasi vaksin Covid-19 terdekat lewat Google Maps

  • Buka Goole Maps melalui situs website atau aplikasi di ponsel
  • Pada kolom pencairan, masukkan kata kunci "lokasi vaksin Covid terdekat atau "lokasi vaksin terdekat dari lokasi saya"
  • Google Maps akan secara otomatis menampilkan beberapa pilihan lokasi vaksin Covid terdekat
  • Terakhir, pengguna bisa memilih lokasi vaksin Covid terdekat

Sebelumnya, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menyampaikan bahwa pemerintah telah menyiapkan skema penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah/2022 Masehi untuk melayani para jemaah haji mulai dari keberangkatan hingga kepulangan kembali ke tanah air.

“Terkait dengan persiapan penyelenggaraan ibadah haji intinya bahwa pemerintah sudah siap melayani jemaah haji mulai dari berangkat sampai pulang kembali nanti di tanah air. Kita sudah siapkan skema dari A sampai Z,” ucap Menag usai mengikuti Rapat Terbatas (Ratas) yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (17/05/2022).

Yaqut menjelaskan bahwa salah satu skema yang disiapkan pemerintah yaitu mengenai protokol kesehatan, di mana para calon jemaah haji harus sudah mendapatkan vaksin COVID-19 minimal dosis kedua.

“Ini kita sudah usahakan terus, ikhtiarkan agar seluruh jemaah haji, calon jemaah haji yang berangkat ke Saudi nanti sudah tervaksin selama sebanyak dua atau vaksin lengkap,” ucap Menag.

Selain itu, Yaqut mengatakan bahwa syarat yang wajib dipenuhi adalah mengenai batasan usia calon jemaah haji. Menteri Agama menyebut, batasan usia calon jemaah haji adalah maksimal berusia 65 tahun.

“Pemerintah Saudi juga memberikan batasan usia di bawah 65 tahun dan ini kami pemerintah sudah tegas akan menjalankan ini karena kalau tidak, kalau lebih dari 65 tahun sistem mereka akan menolak jadi pembatasan 65 tahun ini syarat yang ditentukan oleh Pemerintah Kerajaan Saudi,” tutur Menag.

Demikian cara cek lokasi vaksin Covid-19 terdekat secara online lewat situs resmi corona.jakarta.go.id dan Google Maps. Untuk calon jemaah haji yang akan berangkat tahun 2022 ini, segera datangi lokasi vaksin Covid-19 terdekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×