kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45684,56   12,42   1.85%
  • EMAS917.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.54%
  • RD.CAMPURAN 0.26%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.10%

Bus pariwisata kerap tak rampcheck, Menhub minta penumpang jeli


Kamis, 19 Desember 2019 / 11:29 WIB
Bus pariwisata kerap tak rampcheck, Menhub minta penumpang jeli
ILUSTRASI. Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Karawang melakukan inspeksi keselamatan (ramp check) bus angkutan umum di Terminal Klari, Karawang, Jawa Barat, Rabu (18/12/2019). Inspeksi gabungan Dishub Kabupaten Bogor dan Sat Lantas Polres Karawang tersebu

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bus pariwisata menjadi salah satu kendaraan yang diperhatikan oleh Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dalam pelaksanaan angkutan libur Natal dan tahun baru 2020. Pasalnya, bus pariwisata kerap tak melewati inspeksi keselamatan (rampcheck).

Untuk itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta penumpang untuk jeli melihat bus-bus pariwisata yang akan ditumpangi apakah sudah melewati proses rampcheck. "Untuk angkutan pariwisata, busnya bisanya tidak di-rampcheck. Saya minta pada penumpang melihat busnya sudah di-rampcheck apa belum," tutur Budi, Kamis (19/12).

Baca Juga: Maraknya pembangunan jalan tol diyakini akan memacu permintaan bus

Menurut Budi, untuk melihat apakah bus tersebut sudah melewati rampcheck, penumpang tinggal melihat apakah terdapat sticker yang dipasang di depan kaca bus tersebut. Dia juga meminta operator bus untuk jujur kepada penumpang. Budi memastikan, Kemenhub bersama dengan Kapolres akan melakukan penindakan bila terdapat bus-bus yang tidak layak yang tetap beroperasi.

Berdasarkan data Kemenhub per 16 Desember 2019, terdapat 13.883 unit bus pariwisata atau 92% dari 15.000 unit bus pariwiasata yang sudah dilakukan rampcheck. Dari jumlah yang sudah dilakukan rampcheck, terdapat 5.412 unit atau 38% yang tak lolos pengujian, sementara terdapat 8.471 unit atau 61% yang diizinkan beroperasi.

Baca Juga: Kementerian PUPR siapkan empat konsep pengembangan rest area

Kemenhub melakukan rampcheck pada bus pariwisata karena bus-bus reguler sudah melewati rampcheck setiap memasuki terminal. Tak hanya mengandalkan rampcheck yang dilaksanakan oleh Kemenhub, Budi juga meminta agar operator bus turut melakukan inspeksi keselamatan secara mandiri atau self rampcheck. "Angkutan pariwisata kami minta untuk melakukan self rampcheck seperti (memeriksa) ban, rem, kaca spion, dan bagian penting lainnya," tutur Budi.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×