kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BSU Tahap 2 Sudah Cair Sejak 19 September 2022, Ini 2 Cara Cek Penerimanya


Jumat, 23 September 2022 / 04:00 WIB
BSU Tahap 2 Sudah Cair Sejak 19 September 2022, Ini 2 Cara Cek Penerimanya


Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar gembira bagi para pekerja atau buruh yang tengah menanti Bantuan Subsidi Upah (BSU) aau BLT subsidi gaji tahap kedua. 

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengumumkan, dana BSU atau BLT subsidi gaji tahap kedua telah cair awal pekan ini. 

Menurut Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi, dana BSU atau BLT subsidi gaji tahap kedua dicairkan kepada 1,6 juta pekerja atau buruh. 

"Sudah cair sejak Senin kemarin (19 September 2022). Jumlahnya 1,6 juta (pekerja atau buruh)," bebernya, saat dikonfirmasi Kompas.com, Kamis (22/9/2022). 

Lalu, bagaimana cara cek status penerima BSU atau BLT subsidi gaji tahap 2? 

Cara cek status penerima BSU atau BLT subsidi gaji tahap 2 

1. Mengecek penerima BSU via kemnaker.go.id 

Para pekerja atau buruh dapat melakukan pengecekan BSU atau BLT subsidi gaji 2022 melalui laman Kemnaker, kemnaker.go.id. 

Langkah-langkah pengecekan penerima BSU tahap kedua 2022 melalui laman Kemnaker sebagai berikut: 

  • Akses laman https://kemnaker.go.id
  • Untuk mengakses status penyaluran BSU harus mempunyai akun, sehingga jika belum punya akun, lakukan pendaftaran
  • Setelah melengkapi pendaftaran akun, aktivasi menggunakan kode OTP yang akan dikirimkan ke nomor handphone
  • Masuk atau login menggunakan akun yang telah terdaftar, lalu lengkapi biodata, seperti foto profil, status pernikahan hingga tipe lokasi
  • Cek pemberitahuan, yang akan berisi mengenai status penerima subsidi upah, seperti terdaftar sebagai calon penerima BSU atau tidak terdaftar, serta menunjukkan memenuhi syarat atau tidaknya.
  • Jika terdaftar sebagai calon penerima BSU, Anda akan mendapatkan notifikasi sesuai tahapan penyerahan data calon penerima BSU dari BPJS Ketenagakerjaan ke Kemnaker.
  • Apabila dana BSU telah tersalurkan melalui rekening bank himbara juga akan keluar notifikasi. 

Baca Juga: Cara Buka Rekening BRI Online, Penerima BSU Tahap 2 Di Bank Himbara Lebih Mudah Cair

2. Cara cek penerima BSU 2022 via bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id

Selain melalui laman Kemnaker, pengecekan status penerima BSU tahap kedua 2022 juga bisa dilakukan lewat laman BSU milik BPJS Ketenagakerjaan.

Berikut caranya:

  • Kunjungi laman https://bsu.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  • Cari menu "Cek Apakah Kamu Termasuk Calon Penerima BSU?" di bagian bawah laman tersebut
  • Tuliskan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nama lengkap sesuai KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor ponsel terkini, dan email terkini
  • Pastikan nomor ponsel dan email yang dituliskan telah benar agar bisa mendapatkan informasi penyaluran BSU Klik "Lanjutkan".

Baca Juga: Pekerja Kena PHK Bisa Dapat BSU 2022? Simak Penjelasannya Ini

Jika data yang dimasukkan tersebut termasuk ke calon penerima BSU, maka akan muncul pesan seperti ini:

"Anda lolos verifikasi BPJS Ketenagakerjaan sebagai calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), untuk validasi selanjutnya akan dilakukan oleh Kemnaker. Silahkan lakukan pengecekan berkala pada bsu.kemnaker.go.id."

Namun, apabila data yang dimasukkan belum termasuk calon penerima BSU, notifikasi yang muncul akan seperti ini:

"Mohon maaf, Anda belum termasuk dalam kriteria calon penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU) sesuai Permenaker Nomor 10 Tahun 2022."

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BSU atau BLT Subsidi Gaji Tahap 2 Sudah Cair, Ini Cara Cek Penerimanya"
Penulis : Dandy Bayu Bramasta
Editor : Sari Hardiyanto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×