kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPN sebut Prabowo-Sandiaga akan evaluasi menyeluruh BPJS Kesehatan


Sabtu, 09 Maret 2019 / 14:11 WIB
BPN sebut Prabowo-Sandiaga akan evaluasi menyeluruh BPJS Kesehatan


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pemenangan Nasional (BPN) akan mengevaluasi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan jika Prabowo Subianto-Sandiaga Uno terpilih di Pilpres 2019. 

Anggota tim kesehatan BPN, Hermawan Saputra menyatakan, hal yang dievaluasi mengenai defisitnya anggaran BPJS. Menurut dia, evaluasi tersebut akan dipaparkan oleh Sandiaga saat debat ketiga Pilpres pada 17 Maret 2019. 

"Pak Prabowo dan Sandiaga akan mengevaluasi besar-besaran terhadap tata kelola BPJS. Kita akan evaluasi secara menyeluruh karena faktanya dari tahun ke tahun anggaran BPJS terus defisit," ujar Hermawan ketika ditemui dalam diskusi Polemik bertajuk "Menakar Visi Kesehatan" menuju debat ketiga di daerah Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (9/3). 

Dia mengatakan, belum ada solusi masalah keuangan BPJS. Pada 2014, terjadi defisit sebesar Rp 3,8 triliun. Pada 2015 naik menjadi Rp 5,9 triliun. Kemudian di tahun 2016 menjadi Rp 9 triliun, 2017 kembali naik jadi Rp 9,75 triliun, dan 2018 menjadi Rp 16,5 triliun. 

"Dari data ini artinya ada kesalahan berpikir, kesalahan manajemen di sini. Maka Prabowo-Sandiaga akan evaluasi menyeluruh, mulai dari persoalan hulunya," ujar Hermawan.

Prabowo-Sandiaga, lanjutnya, akan memperkuat primary health care dengan fokus pada penanganan masyarakat di puskesmas dan klinik. "Banyak pasien yang tidak tertangani dengan baik. Kita akan perbaiki dengan menuntaskan masalah kesehatan di puskesmas dan klinik," paparnya. 

Hendarawan menambahkan, terdapat dua pendekatan yang akan digunakan Prabowo-Sandiaga guna menyelesaikan sengkarut masalah BPJS, yaitu pendekatan sistem pelayanan dan pendekatan menutup kebocoran anggaran. 

"Akan ada penghitungan baru terhadap premi, nanti kita coba kalkulasi untuk menghitung dengan menghasilkan premi yang layak dan bersahabat untuk masyarakat dan tenaga kesehatan," katanya. (Christoforus Ristianto)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPN: Prabowo-Sandiaga Akan Evaluasi Menyeluruh BPJS Kesehatan"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×