kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45999,83   6,23   0.63%
  • EMAS1.199.000 0,50%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPN klaim elektabilitas Prabowo-Sandiaga sudah ungguli Jokowi-Ma'ruf


Selasa, 26 Maret 2019 / 06:54 WIB
BPN klaim elektabilitas Prabowo-Sandiaga sudah ungguli Jokowi-Ma'ruf


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - MAGELANG. Wakil Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi, Ahmad Muzani, mengklaim elektabilitas pasangan calon (paslon) Prabowo-Sandi lebih unggul dibandingkan dengan paslon nomor urut 01, Jokowi-Amin.

Hasil ini menurut hasil survey internal yang dilakukan oleh mereka.

"Sama dengan hasil survey internal kita, elektabiltas kami sudah melampaui pasangan 01. Memang survey ini belum kita publikasikan karena baru selesai, setelah ini diselesaikan akan kita sampaikan ke masyarakat. Kami yakin dan optimis, pasangan 02 akan menang," ujar Ahmad Muzani, Senin (25/3) di sela-sela acara Sosialisasi empat pilar MPR di Pondok Pesantren Al Iman, Muntilan, Magelang.

Ahmad mengatakan, undecided voter atau pemilih yang belum menentukan pilihan berjumlah tipis dan mayoritas dari mereka sudah menentukan pilihan.

Perolehan akan ditentukan dua tahap akhir, yakni kampanye terbuka dan debat, meski jumlahnya tidak akan terlalu signifikan, tetapi dirinya mengklaim paslon 02 tetap unggul.

"Undecided itu sekarang sudah tipis, baik di hasil survey dari Kompas sudah tipis. Mayoritas sudah menentukan pilihan, tinggal ditentukan oleh masa akhir, dua tahap yang menentukan, yakni kampanye terbuka, dan debat. Tetapi saya kira tidak terlalu signifikan. Kami yakin, kami unggul cukup siginifikan," kata pria yang juga menjabat Sekretaris Jenderal Partai Gerindra tersebut.

Terkait survey eksternal yang lebih mengunggulkan petahana atau paslon nomor urut 01, Ahmad mengatakan, survey tersebut harus dipahami dan dibaca secara benar.

Petahana atau paslon 01 memperoleh suara kurang dari 50%, artinya perolehan tersebut dinilai masih kurang untuk bisa menang.

Menurutnya, untuk menang, petahana harus memperoleh suara jauh di atas 50 persen, atau jika tidak mereka akan kalah.

Ia memberi contoh saat Pemilu Tahun 2009 lalu, SBY-Kalla, elektabilitas mereka saat survei di atas 70 persen, tetapi saat dihitung di TPS turun sebanyak 63%. Selisih antara survei dengan perhitungan suara di TPS adalah 10% lebih.

"Cara membaca survey eksternal tidak begitu, cara membaca survey eksternal adalah petahana sudah kurang dari 50 persen. Karena yang, petahana sebenarnya bukan pak Prabowo. Yang dihadapi petahana, adalah dirinya sendiri. Artinya, kalau Jokowi hasil survei di Kompas menyebutkan sebesar 49 persen, pasti akan kurang daripada itu," ujarnya.

Belum lagi dikatakannya, saat pemilih yang belum menentukan pilihan atau undecided voter masih cukup besar, tetapi mayoritas mereka semua memilih ke paslon nomor urut 02, Prabowo-Sandi.

Jumlah itu akan berpengaruh terhadap hasil perolehan nanti dan pihaknya cukup optimistis.

"Undecidednya masih cukup besar, semuanya ke pak Prabowo. Optimis, kita akan menang, sudah begitu saja," kata Ahmad.

Dikatakan Ahmad, Prabowo melakukan kampanye di berbagai daerah, dimulai dari bagian timur.

Seperti di hari kedua ini, Prabowo mengunjungi Merauke, kemudian dilanjutkan ke Manado, Makassar, Bali dan Lombok.

"Pak Praboiwo sengaja kampanye dari timur, karena selama ini hanya di barat, Responnya luar biasa, Manado dan makassar juga luar biasa."

"Orang tumpah ruah. Paling membanggakan, masyarakat tidak hanya datang tetapi juga berpartisipasi, ikut nyumbang dan urunan, kami dibantu relawan danmasyarakat, kaus spanduk dan uangnya. dengan syukur dengan keterbatasan yang kita miliki," pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul BPN Klaim Elektabilitas Prabowo-Sandi Sudah Melampaui Jokowi-Maruf Amin,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Storytelling with Data (Data to Visual Story) Mastering Corporate Financial Planning & Analysis

[X]
×