kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Survei Charta Politika: 65,9% puas kinerja Jokowi-JK


Senin, 25 Maret 2019 / 15:42 WIB
Survei Charta Politika: 65,9% puas kinerja Jokowi-JK


Sumber: Kompas.com | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Survei terbaru Charta Politika 1-9 Maret 2019 menunjukkan mayoritas responden puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Sebanyak 14,8% responden mengatakan sangat puas dengan kinerja Jokowi-JK dan sebanyak 51,1% lainnya cukup puas.

Jika dijumlahkan, responden yang puas dengan kinerja Jokowi-JK selama empat tahun terakhir mencapai 65,9%. Sisanya 27,1% menjawab kurang puas dan 2,6% lainnya menjawab tidak puas sama sekali.

Jika ditotal, jumlah responden yang tak puas dengan pemerintahan Jokowi-JK 29,8%. "Jumlah responden yang puas masih lebih tinggi dibandingkan yang tidak puas," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam rilis survei di kantornya di Jakarta, Senin (25/3).

Yunarto mengatakan, Jokowi mendapat penilaian positif pada pembangunan infrastruktur. Sebanyak 64,8% responden mengatakan sudah merasakan dampak positif dari pembangunan infrastruktur yang selama ini digenjot oleh pemerintah.

Namun, Jokowi mendapatkan penilaian negatif dari sektor ekonomi yang menyangkut langsung dengan kebutuhan masyarakat. Sebanyak 36,3% responden menilai harga-harga kebutuhan pokok yang mahal masih menjadi masalah utama di Indonesia.

Sementara 17% responden menilai sulitnya mencari kerja menjadi masalah pokok yang kini dihadapi oleh bangsa ini. Kepuasan masyarakat yang tinggi terhadap pemerintah membuat elektabilitas Jokowi yang kini mencalonkan diri kembali bersama Ma'ruf Amin juga cukup tinggi dibanding rivalnya.

Kendati demikian, tak semua masyarakat yang puas dengan kinerja pemerintah mu memilih Jokowi-Ma'ruf. Survei Charta Politika menunjukkan, Jokowi-Ma'ruf Amin dipilih oleh 53,6% responden. Sementara responden yang memilih Prabowo-Sandi sebesar 35,4%.

Sisanya sebanyak 11% responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab. "Jokowi-Ma'ruf masih unggul dengan selisih 18,2%," kata Yunarto.

Survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Jumlah sampel sebanyak 2.000 responden yang tersebar di 34 provinsi. Survei menggunakan metode acak bertingkat dengan margin of error lebih kurang 2,19% pada tingkat kepercayaan 95%. (Ihsanuddin)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Survei Charta Politika: 65,9 Persen Puas Kinerja Jokowi-JK", 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×