kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPJS uji coba layanan kacamata dari faskes pertama langsung ke optik


Jumat, 01 November 2019 / 22:05 WIB
BPJS uji coba layanan kacamata dari faskes pertama langsung ke optik
ILUSTRASI. Petugas medis Rumah Sakit Mata Cicendo memeriksa mata warga di Taman Cikapayang, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (13/10/2019). Pemeriksaan mata gratis itu merupakan rangkaian dari kegiatan memperingati Hari Penglihatan Sedunia atau Wo


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan saat ini tengah melakukan uji coba perubahan alur untuk mendapatkan kacamata. 

Alur yang tengah diujicobakan adalah, dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), pemohon bisa langsung mendapatkan kacamata dengan mendatangi langsung optik tanpa perlu dirujuk ke rumah sakit melalui dokter spesialis mata. 

Hal ini berbeda dari aturan sebelumnya yang harus dirujuk ke rumah sakit setelah melalui dokter spesialis mata. 

Baca Juga: Dapat dana Rp 14 triliun, BPJS Kesehatan akan lunasi tunggakan ke Rumah Sakit

“Ada Kepmenkes yang mengatur bahwa kompetensi level 4A (kompetensi yang harus dimiliki dokter umum) soal kasus mata bisa cukup di FKTP. Itu yang kami dorong dengan uji coba ini,” ujar Kepala Humas BPJS Kesehatan M Iqbal Ma’ruf saat dihubungi Kompas.com, Jumat (01/11). 

Ia menekankan, alur baru kacamata ini masih piloting. Uji coba masih dilakukan secara terbatas dan belum diterapkan secara nasional dan dilakukan secara bertahap dalam dua fase. Fase I dilakukan dari 1 Juli hingga 31 Oktober 2019. 

Sementara, uji coba Fase II dari 1 November hingga Desember 2019. Untuk uji coba Fase II yang tengah berlangsung saat ini dilakukan di 18 kantor cabang BPJS Kesehatan, yaitu: 
Medan 
Banda Aceh 
Lhokseumawe 
Bukittinggi 
Padang 
Jambi 
Palembang 
Pangkalpinang 
Prabumulih 
Curup 
Lubuk Linggau 
Bengkulu 
Bekasi 
Bandung 
Semarang 
Surakarta 
Surabaya 
Manado. 

Melalui uji coba ini, BPJS Kesehatan akan mengkaji faskes pertama mana yang siap menjalankan alur baru ini, dan sebaliknya.  “Makanya ada piloting, di-mapping mana yang mampu mengerjakan, dan mana yang tidak,” ujar Iqbal. 

Baca Juga: Fachmi Idris: Bayar iuran BPJS Kesehatan lebih murah dari membeli pulsa

Ia menyebutkan, hal ini dilakukan sebagai upaya memudahkan kenyamanan peserta agar sesuai dengan aturan yag ada. Adapun peraturan yang disebutkan Iqbal melingkupi beberapa aspek kewenangan yang tertera dalam Pasal 47 Perpres 82 Tahun 2018. 

Pasal 47 menyebutkan, pelayanan kesehatan tingkat pertama meliputi pelayanan kesehatan non spesialistik. Mengenai apakah alur baru ini nantinya akan diterapkan secara nasional, BPJS akan melakukan evaluasi dan kajian dari uji coba ini. (Nur Rohmi Aida)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "BPJS Uji Coba Layanan Kacamata dari Faskes Pertama Langsung ke Optik di 18 Wilayah Ini"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×