kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45982,54   -7,83   -0.79%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BPJPH Optimis Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia pada 2024


Minggu, 02 Oktober 2022 / 17:33 WIB
BPJPH Optimis Indonesia Jadi Pusat Industri Halal Dunia pada 2024
ILUSTRASI. BPJPH optimistis Indonesia dapat mewujudkan cita-cita untuk menjadi pusat industri halal dunia.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Kementerian Agama (Kemenag) Muhammad Aqil Irham optimistis Indonesia dapat mewujudkan cita-cita untuk menjadi pusat industri halal dunia.

"Saat ini Indonesia menduduki posisi kedua dalam industri makanan dan minuman halal. Nomor satunya masih Malaysia," ungkap Aqil dalam webinar Halal Value Chain Traceability yang diselenggarakan Bank Indonesia (BI), Jumat (30/9).

Fakta ini mendorong pemerintah Indonesia semakin optimistis dengan cita-cita menjadi pusat halal dunia. Aqil menyebut, sebelumnya Indonesia selalu dalam posisi 10 sampai 15 besar. Namun saat ini Indonesia dapat mengalahkan banyak negara, termasuk Uni Emirat Arab (UEA) dan Singapura.

Baca Juga: BPJPH Kemenag Gandeng Mitra Strategis untuk Percepatan Sertifikasi Halal

"Selanjutnya, menjadi tugas Indonesia untuk menjadi pusat halal dunia di tahun 2024," ucap Aqil.

Menurut Aqil, saat ini sudah banyak negara yang sadar akan pentingnya produk bersertifikat halal. Bahkan kesadaran ini banyak muncul di negara-negara sekuler.

"Mereka tidak begitu peduli dengan agama, namun dalam hal produk halal, mereka begitu antusias," ujar Aqil.

Negara-negara ini menurut Aqil ingin mengetahui regulasi yang ada di Indonesia dan begitu aktif memproduksi kebutuhan-kebutuhan negara-negara timur tengah.

Baca Juga: Cek, Ini Perincian Tarif Sertifikasi Halal MUI di BPJPH Kemenag

"Halal itu sudah menjadi industri. Mereka antusias membidik pasar industri halal," terang Aqil.

Tak hanya itu, Aqil juga mengungkapkan sampai saat ini ada 97 Lembaga Halal Luar Negeri (LHLN) dari 40 negara yang mengajukan untuk diasesmen BPJPH.

"Terakhir, BPJPH baru saja mengasesmen Islamic Food and Nutrition Council of America (IFANCA). Ini salah satu dari lima LHLN asal Amerika yang juga mendaftar untuk diasesmen BPJPH," ucap Aqil.

Baca Juga: Kemenag Beri Penjelasan Soal Peran BPJPH, LPH dan MUI dalam Sertifikasi Halal

Sementara itu, Kepala Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia (DESK BI) Arief Hartawan mengungkapkan, untuk mendukung master plan untuk menjadikan Indonesia Pusat Produsen Halal terbesar di dunia sesuai arahan Wakil Presiden, dapat diwujudkan melalui Sertifikasi Halal Produk.

“Indonesia perlu didorong menjadi produsen halal tidak hanya sekadar menjadi konsumen dengan melalui sertifikasi halal sehingga produk tidak keluar dari taraf kehalalan,” terang Arief.

Arief juga mengatakan bahwa Bank Indonesia terus berkomitmen dalam mendorong perekonomian syariah Indonesia.

“Bank Indonesia sangat berkomitmen untuk mendorong perekonomian syariah di Indonesia karena memiliki potensi yang sangat besar, sehingga bisa membangunkan giant kekuatan perekonomian,” ujar Arief.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×