kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BMKG: Tak ada larangan tahun baru di pantai, tapi..


Senin, 30 Desember 2019 / 14:53 WIB
BMKG: Tak ada larangan tahun baru di pantai, tapi..
ILUSTRASI. Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati .


Sumber: TribunNews.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) kembali menegaskan tidak ada larangan bagi masyarakat untuk beraktivitas di Pantai saat malam tahun baru.

"Perlu diluruskan kembali. Kami tidak melarang tahun baru di pantai. Tapi kami memberikan informasi bahwa ada potensi gelombang tinggi cuaca ekstrim terutama di beberapa wilayah," ujar Kepala BMKG Dwikorita Karnawati di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Senin (30/12).

Dia mengatakan tidak melarang masyarakat untuk bermain-main di pantai di malam  tahun baru.

Baca Juga: BMKG prediksi tak ada kemarau panjang pada 2020

Akan tetapi masyarakat perlu mengantisipasi beberapa hal, yang mana satu di antaranya terkait potensi cuaca yang terjadi belakangan.

"Jika akan melakukan aktivitas di pantai, tadi sudah saya sebutkan mulai pagi sampai siang, insya Allah cuaca masih cerah berawan. Biasanya mulai ekstrim itu menjelang sore, dan juga gelombang tinggi," ujarnya

Menghindari kejadian tsunami di Banten setahun yang lalu, Dwikorita menyampaikan beberapa hal kepada masyarakat yang akan melakukan aktivitas di pantai.

Di antaranya, masyarakat yang akan melakukan aktivitas di pantai pada malam hari supaya memiliki jarak aman sekiranya 200 meter dari bibir pantai.

"Yang terpenting apabila ada aktivitas di pantai itu jangan mepet di bibir pantai. Apalagi membelakangi pantai, apalagi malam hari. Jadi harus ada radiusnya. Zona aman, katakan 200 meter dari tepi pantai. Jadi bukan melarang, tapi beradaptasi dengan kondisi musim saat ini," ujarnya

Baca Juga: Hujan akan guyur DKI siang hingga malam hari, BMKG: Waspadai angin kencang di Jaksel

Kepala BMKG tersebut juga mengimbau pada masyarakat agar selalu memantau informasi terkait cuaca di sosial media dan website BMKG resmi, untuk mendapatkan informasi terkini secara tepat.

Serta menghindari informasi dari sumber-sumber yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Walaupun berita hoaks itu mengatasnamakan BMKG, tapi jika itu tidak ada di sosial media atau website resmi kami itu tidak benar (beritanya)," ujarnya. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com berjudul: BMKG Tegaskan Tak Ada Larangan ke Pantai saat Tahun Baru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×