kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Blusukan ke Pasar Cepogo Boyolali, Jokowi: Harga Pangan Jelang Lebaran Turun


Senin, 10 April 2023 / 14:23 WIB
Blusukan ke Pasar Cepogo Boyolali, Jokowi: Harga Pangan Jelang Lebaran Turun
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan harga pangan jelang Lebaran mengalami tren penurunan.

Hal ini ia sampaikan pada saat melakukan blusukan di Pasar Cepogo, Boyolali, Jawa Tengah hari ini, Senin (10/4). Dalam Kunjungan tersebut Presiden Jokowi juga didampingi langsung oleh Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo.

"Saya dengan Pak Menteri Perdagangan juga Pak Gubernur Jawa Tengah ngecek terakhir kondisi harga-harga menjelang mendekati lebaran seperti apa ternyata yang di sini kita lihat turun semuanya," kata Jokowi dalam keterangan pers di Pasar Selo, Boyolali, Senin (10/4) dilansir dari siaran YouTube Sekretariat Presiden.

Ia mengatakan bahwa harga cabai rawit di Pasar Cepogo, Boyolali yaitu Rp 20.000 per kg dari sebelumnya Rp 80.000 per kg. Lalu harga telur ayam Rp 25.000 per kg dari sebelumnya di atas Rp 30.000 per kg, bawang putih berkisar Rp 24.000-25.000 per kg. Selanjutnya, harga daging ayam Rp 32.000 per ekor.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Jalan Tol yang Sudah Rampung Dibangun akan Dibuka untuk Mudik Lebaran

Jokowi menilai penurunan harga terjadi lantaran stok kebutuhan pangan pokok melimpah. Pihaknya juga memastikan stok ini akan tercukupi hingga Lebaran nanti. Sehingga dipastikan harga pangan tidak mengalami gejolak harga terlalu tinggi.

"Pasokannya banyak. Pasokan banyak artinya harga pasti turun. Karena harganya tadi turun, turun, ya artinya pasokannya banyak," ujarnya.

Sementara, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan pihaknya bekerja sama dengan Satgas pangan untuk memastikan stok pangan tercukupi hingga Lebaran nanti. Satgas Pangan ini akan menindak para pedagang yang melakukan penimbunan kebutuhan pangan pokok.

"Kalau ada yang nyimpen pak, barang banyak untuk harga naik, satgas turun pak. Cepet, jadi barangnya ada terus," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×