kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BKPM: Investor Dubai Luar Biasa Tertarik pada IKN Nusantara


Kamis, 29 September 2022 / 21:15 WIB
BKPM: Investor Dubai Luar Biasa Tertarik pada IKN Nusantara


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Deputi Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Nurul Ichwan mengatakan, saat promosi investasi di Dubai, investor disana sangat tertarik dengan IKN Nusantara.

"Jadi ketika kita membuat acara di Dubai itu investor dari Dubai tertariknya luar biasa," kata Nurul dalam UOB Economic Outlook 2023, Kamis (29/9).

Selain itu pihaknya juga sudah memfasilitasi potensial investor dari Jepang dan Korea Selatan. Bahkan sudah ada investor yang menyatakan komitmen dan telah menemui Kepala Otorita IKN Nusantara.

Hanya saja ada satu hal yang menjadi catatan ketika investor datang mengunjungi IKN Nusantara, mereka berekspektasi bahwa sudah ada proyek-proyek yang sudah dibuat sehingga investor tinggal memilih mana yang menurut mereka menarik.

Baca Juga: Begini Progres Pembangunan IKN Nusantara

Saat ini pemerintah telah memiliki master plan pembangunan, termasuk peruntukan dari lahan-lahan sudah disiapkan. Termasuk bagian mana yang akan dikembangkan bersama investor.

"Nanti bagaimana akan dikembangkan kita akan menawarkan 20% tadi diambil pemerintah dan 80% diambil yang lain, dengan konsep ada yang dibangun pemerintah, ada yang dibangun swasta, dan ada juga kerjasama atau (public private partnership) PPP," jelasnya.

Nurul menambahkan investor yang tertarik pada tahap berikutnya akan duduk bersama Badan Otorita IKN Nusantara menentukan di wilayah mana mereka tertarik untuk mengembangkan bisnis mereka.

Kemarin pemerintah sudah melakukan pre market sounding. Ke depan akan dilakukan market sounding yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo. Dalam market sounding tersebut akan muncul paket-paket dan insentif dari investasi yang ditawarkan oleh IKN Nusantara.

Nurul mengungkap ada beberapa klasifikasi investor yang datang. Pertama, investor yang memiliki modal, teknologi dan mau mengambil resiko untuk berinvestasi di IKN Nusantara. Misalnya investor yang ingin membangun properti dan akan dipasarkan sendiri.

Baca Juga: Jaring Investor, Pemerintah Siapkan Regulasi Fasilitas Penanaman Modal di IKN

Kelompok investor kedua adalah pihak-pihak yang memiliki kemampuan teknologi konstruksi, atau pihak yang menawarkan supply teknologi komunikasi atau yang lainnya. Kelompok ini bukan investor namun ditegaskan juga dibutuhkan dalam pembangunan IKN Nusantara.

"Kelompok kedua ini tentunya ada hal yang harus di jembatan oleh kita yaitu mempertemukan antara pemilik teknologi dengan investor jadi bisa blended untuk membangun IKN, cuman biasanya investor pemilik modal itu sudah punya teknologi," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×