kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45944,22   -1,36   -0.14%
  • EMAS999.000 1,52%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

BI Beberkan Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Perekonomian Indonesia


Kamis, 17 Maret 2022 / 16:25 WIB
BI Beberkan Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Perekonomian Indonesia
ILUSTRASI. Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. BI Beberkan Dampak Perang Rusia-Ukraina Terhadap Perekonomian Indonesia.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bank Indonesia (BI) melihat ketegangan antara Rusia dan Ukraina juga memiliki dampak terhadap kondisi perekonomian Indonesia. 

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, dampak dari konflik geopolitik antara Rusia dan Ukraina ini berimplikasi lewat 3 jalur. 

“Implikasinya dari 3 channel (jalur), yaitu jalur pergerakan harga komoditas, jalur perdagangan, serta jalur keuangan,” ujar Perry dalam pembacaan hasil Rapat Dewan Gubernur BI Maret 2022, Kamis (17/3). 

Perry menjabarkan, ketegangan dua negara tersebut membuat harga komoditas global melonjak, salah satunya harga minyak dunia. Ini kemudian akan berimplikasi pada kondisi fiskal Indonesia dan harga-harga dalam negeri. 

Baca Juga: BI: Tren Suku Bunga Perbankan Terus Turun

Apalagi, seperti kita ketahui Indonesia merupakan negara net importir minyak. Peningkatan harga minyak ini kemudian bisa memengaruhi peningkatan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang selama ini diberi subsidi oleh pemerintah. 

Nah, dalam hal ini, dampaknya terhadap dalam negeri akan sangat bergantung pada kebijakan pemerintah dalam menyikapi harga energi global, terutama untuk BBM non subsidi. 

“Koordinasi akan kami lakukan. Kita sudah melihat ada kenaikan harga Pertamax. Namun, kami akan terus melihat dan pada waktunya akan kami sampaikan,” kata Perry. 

Baca Juga: BI Catat Transaksi Digital Banking Capai Rp 3.732,8 Triliun

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×