kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Besok, Megawati, Ganjar, dan Mahfud Akan Ziarah ke Makam Bung Karno


Kamis, 02 November 2023 / 16:11 WIB
Besok, Megawati, Ganjar, dan Mahfud Akan Ziarah ke Makam Bung Karno
ILUSTRASI. Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo (keempat kiri) dan bakal calon wakil presiden Mahfud MD (keempat kanan) berfoto bersama Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri (ketiga kiri), Plt Ketua Umum PPP Muhamad Mardiono (kedua kiri), Ketua Umum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (kedua kanan), Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (kanan) dan Ketua Tim Pemenangan Nasional Arsjad Rasjid (kiri) saat pengumuman bakal calon wakil presiden pada Pilpres 2024 di kantor DPP PDIP, Jakarta, Rabu (18/10/2023). Mahfud MD secara resmi ditunjuk sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Ganjar Pranowo. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ketua Umum (Ketum) PDI-P Megawati Soekarnoputri beserta bakal calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres), Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, akan ziarah ke makam Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Soekarno di Blitar, Jumat (3/11/2023) besok.

"Sebagian dari tradisi yang dibangun, besok Ibu Megawati Seokarnoputri beserta keluarga dan juga Pak Ganjar, Pak Prof Mahfud MD akan berziarah ke makam Bung Karno di Blitar," kata Hasto di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (2/11/2023).

Hasto mengatakan, agenda ziarah tersebut diadakan bukan hanya untuk menghormati sosok Bung Karno sebagai bapak proklamator dan bapak bangsa Indonesia.

Baca Juga: Pertemuan Wapres dan Tiga Cawapres Diundur Pekan Depan, Ini Alasannya

Namun, menurut Harto, Ganjar dan Mahfud diharapkan dapat meniru semangat Bung Karno yang telah mengabdikan hidupnya bagi bangsa dan negara Indonesia.

"Tradisi mengungkapkan seluruh aspek spiritualisme inilah yang besok akan dilakukan," ujar Hasto.

Seperti diketahui, ziarah ke makam Bung Karno memang kerap dilakukan oleh Megawati bersama elite PDI-P maupun pasangan capres-cawapres diusung.

Pada 2014 lalu, Joko Widodo (Jokowi) juga pernah berziarah ke makam Bung Karno bersama Megawati beberapa hari sebelum diumumkan sebagai capres yang diusung oleh PDI-P pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014.

Sebagaimana diketahui, PDI-P mengusung Ganjar Pranowo dan Mahfud MD sebagai bakal capres-cawapres di Pilpres 2024. Tak hanya PDI-P, Ganjar-Mahfud juga diusung oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Hanura, dan Perindo.

Baca Juga: Sederet Tokoh di Balik Tim Sukses Tiga Pasangan Capres-Cawapres 2024

Pasangan Ganjar-Mahfud juga sudah mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI sebagai peserta Pilpres 2024 pada 19 Oktober 2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Megawati, Ganjar, dan Mahfud Akan Ziarah ke Makam Bung Karno Besok"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×