kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bertolak ke Beijing, Jokowi Memulai Rangkaian Kunjungan ke Tiga Negara di Asia Timur


Senin, 25 Juli 2022 / 14:48 WIB
Bertolak ke Beijing, Jokowi Memulai Rangkaian Kunjungan ke Tiga Negara di Asia Timur
Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana?Jokowi memulai rangkaian kunjungan ke 3 negara di Asia Timur, Senin (25/7/2022).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo bertolak menuju Beijing, China pada Senin (25/7).

Perjalanan kali ditujukan dalam rangka rangkaian kunjungan luar negeri ke tiga negara di kawasan Asia Timur. Ketiga negara tersebut yaitu China, Jepang, dan Korea Selatan. Ketiganya merupakan mitra strategis Indonesia di bidang ekonomi.

“Ketiga negara tersebut juga merupakan mitra penting ASEAN dan mitra penting dalam konteks G20,” jelas Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam siaran pers, Senin (25/7).

Retno menambahkan, Presiden Jokowi diagendakan bertemu dengan pemimpin dari ketiga negara tersebut untuk membahas sejumlah isu mulai dari isu global hingga kerja sama di sejumlah bidang. Mulai dari kerja sama perdagangan, investasi, kesehatan, infrastruktur, perikanan hingga isu kawasan dan dunia.

Baca Juga: Jokowi Akan Kunjungi Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan, Ini Agendanya

Dengan Pesawat Garuda Indonesia (GIA-1), Presiden beserta rombongan lepas landas dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Provinsi Banten, sekitar pukul 14.00 WIB. Jokowi beserta Ibu Iriana akan menempuh penerbangan menuju Beijing Capital International Airport, China selama kurang lebih 7 jam dan diperkirakan tiba pada malam hari nanti.

Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Duta Besar China untuk Indonesia Lu Kang, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksmana TNI Yudo Margono, dan Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar, turut mengantarkan Presiden Jokowi hingga Bandara Soekarno-Hatta.

Turut mendampingi Jokowi dalam penerbangan menuju Beijing, yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI M. Tonny Harjono, dan Kepala Protokol Negara Andy Rachmianto.

Sementara, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi telah berada di Beijing untuk mempersiapkan kunjungan Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Ikut Komentari Fenomena Citayam Fashion Week, Apa Katanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×