kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,36   10,57   1.05%
  • EMAS980.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Bertemu Presiden Macron dan PM Modi, Jokowi Bahas Situasi Ukraina


Senin, 27 Juni 2022 / 23:47 WIB
Bertemu Presiden Macron dan PM Modi, Jokowi Bahas Situasi Ukraina
ILUSTRASI. Jokowi bertemu Perdana Menteri India Narendra Modi


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di sela-sela KTT G7 di Elmau, Jerman, Senin, 27 Juni 2022. Keduanya membahas situasi di Ukraina juga terkait Presidensi G20 Indonesia.

Presiden Jokowi menyampaikan apresiasi atas upaya Presiden Macron untuk mewujudkan perdamaian di Ukraina.

"Kita semua paham situasi sangat kompleks. Namun kita perlu terus upayakan penyelesaian secara damai. Jika perang berlanjut, krisis pangan yang terjadi saat ini akan makin memburuk," ucap Jokowi dalam keterangan tertulis, Senin (27/6).

Indonesia juga menyampaikan apresiasi atas dukungan Prancis terhadap Presidensi G20 Indonesia. Jokowi menyampaikan, upaya penguatan bilateral Indonesia dan Prancis, baik di bidang ekonomi maupun di bidang pertahanan dan industri strategis.

Baca Juga: Jokowi Dorong Negara G7 Investasi Sektor Energi Bersih di Indonesia

Selain dengan Presiden Macron, Jokowi juga melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) India Narendra Modi. Sama seperti saat bertemu Macron, pertemuan salah satunya membahas mengenai situasi di Ukraina. Jokowi menyampaikan pentingnya perang untuk segera dihentikan.

"Saya senang Indonesia dan India memiliki posisi yang kurang lebih sama antara lain mendesak penyelesaian secara damai," paparnya.

Selain itu, kedua pemimpin juga membahas upaya penguatan kerja sama di bidang pangan. Sesegera mungkin Jokowi akan meminta Menteri Perdagangan Indonesia untuk melakukan komunikasi dengan pemerintah India mengenai persoalan pangan.

“Mengenai kerja sama terkait perdagangan bahan pangan antara dua negara, saya akan minta Menteri Perdagangan Indonesia untuk segera berkomunikasi dengan Menteri Perdagangan India,” ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan apresiasi atas dukungan kuat India terhadap Presidensi G20 Indonesia. Indonesia juga akan mendukung penuh Presidensi G20 India tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×