kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Bertemu presiden Argentina, Jokowi tawarkan komoditas pertanian hingga pesawat


Rabu, 26 Juni 2019 / 13:34 WIB
Bertemu presiden Argentina, Jokowi tawarkan komoditas pertanian hingga pesawat

Reporter: Abdul Basith | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - BOGOR. Presiden Joko Widodo menawarkan sejumlah produk Indonesia saat bertemu dengan Presiden Argentina Maricio Macri. Pertemuan tersebut dilakukan dalam kunjungan kenegaraan Presiden Argentina ke Indonesia. 

Produk yang ditawarkan Indonesia mulai dari pesawat, kereta, hingga sejumlah produk pertanian. "Dalam pertemuan tadi saya juga menawarkan produk dan jasa yang dimiliki industri strategis Indonesia," ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Bogor, Rabu (26/6).


PT Dirgantara Indonesia (Persero) menawarkan produk pesawatnya. Selain itu PT GMF AeroAsia Tbk juga menawarkan kerja sama dan jasa pemeliharaan pesawat. PT Industri Kereta Api (INKA) juga menawarkan produk kereta dan gerbong.

Tidak hanya itu, Indonesia juga menawarkan sejumlah produk pertanian seperti salak, manggis, dan nanas. Bahkan Jokowi juga mendorong kerja sama pengembangan industri pertanian.

"Saya menyambut baik kerja sama pengembangan sistem teknologi pertanian," terang Jokowi.

Pengembangan sistem teknologi pertanian memperlihatkan implementasi rencana aksi kerja. Hal itu dilakukan mengingat kedua negara merupakan negara dengan potensi agraris.

Pengembangan industri dan kerja sama perdagangan penting bagi Indonesia. Kerja sama didorong untuk menciptakan keseimbangan neraca dagang Indonesia dengan Argentina. Kami bahas berbagai upaya menyeimbangkan perdagangan kedua negara termasuk melalui counter trade," jelas Jokowi.

Asal tahu saja Indonesia mengalami defisit perdagangan dengan Argentina pada tahun 2018 lalu sebesar US$ 1,2 miliar. Jokowi mengakui Argentina merupakan negara kedua tujuan ekspor Indonesia di kawasan Amerika Selatan.

Selain itu Indonesia juga mendorong kerja sama perdagangan dengan Mercosur. Mercosur merupakan blok perdagangan terbesar di kawasan Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brazil, Paraguay dan Uruguay.


Tag


TERBARU

Close [X]
×