kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bertemu PM Ceko, Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi, Pertahanan dan Indo-Pasifik


Rabu, 14 Desember 2022 / 19:34 WIB
Bertemu PM Ceko, Jokowi Bahas Kerja Sama Ekonomi, Pertahanan dan Indo-Pasifik
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala di Hotel Steigenberger Wiltcher?s, Brussels, Belgia, Rabu, 14 Desember 2022.


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Republik Ceko Petr Fiala di Hotel Steigenberger Wiltcher’s.

Dalam pertemuan tersebut, Jokowi menyampaikan beberapa isu mulai dari ekonomi, pertahanan dan industri strategis, dan kerja sama Indo-Pasifik.
 
“Beberapa langkah yang saya kira bisa didorong untuk tingkatkan perdagangan antara lain percepatan penyelesaian Indonesia-EU CEPA. Saya juga harapkan rencana investasi Ceko juga dapat segera direalisasikan,” ucap Jokowi dalam keterangan tertulis, Rabu (14/12).
 
Dalam bidang pertahanan dan industri strategis, Ia mengapresiasi partisipasi Ceko pada Indo-Defense 2022. Menurutnya, kerja sama pertahanan dan industri strategis perlu ditingkatkan. Antara lain melalui produksi bersama, alih teknologi, dan investasi manufaktur.

Baca Juga: Terbang ke Belgia, Presiden Jokowi akan Hadiri KTT ASEA-Uni Eropa

Tak lupa Jokowi menyampaikan ucapan terima kasih atas simpati PM Ceko atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Selain itu Presiden juga menyampaikan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa tahun ini.
 
“Terima kasih ucapan simpati Yang Mulia atas tragedi gempa bumi di Cianjur. Dan selamat atas Presidensi Ceko di Dewan Uni Eropa bertepatan dengan momentum 45 tahun kemitraan ASEAN–Uni Eropa,” kata Jokowi.

Selain itu, Ia juga mengundang Ceko pada Indo-Pacific Infrastructure Forum yang akan digelar di Indonesia pada tahun 2023 dalam rangka membangun arsitektur yang inklusif agar stabilitas, perdamaian, dan kemakmuran dapat dijaga.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan tersebut yaitu Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita.

Baca Juga: Jokowi Hadiri KTT ASEAN-Uni Eropa dan Sejumlah Pertemuan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×