kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Berikut rencana pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata hari ini


Kamis, 12 September 2019 / 06:42 WIB
Berikut rencana pemakaman BJ Habibie di TMP Kalibata hari ini
ILUSTRASI. Patung BJ Habibie di Gorontalo


Sumber: Kompas.com | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Prosesi pemakaman Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, akan digelar pada Kamis (12/9) pukul 14.00 WIB.

Informasi itu diungkapkan Tenaga Ahli Utama Kedeputian IV bidang Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Kantor Staf Presiden (KSP) Ali Mochtar Ngabalin di rumah duka, Jalan Patra Kuningan XIII Blok L15/7 No.5, Setiabudi, Jakarta Selatan, Rabu (11/9).

Acara pemakaman akan didahului dengan penyerahan jenazah dari keluarga kepada negara sekitar pukul 12.30 WIB. "Disepakati dengan keluarga, untuk besok, upacara penyerahan dari keluarga kepada negara pada pukul 12.30 WIB," kata Ngabalin.

Baca Juga: Presiden Jokowi akan jadi inspektur upacara pemakaman BJ Habibie

Perwakilan pihak keluarga yang menyerahkan jenazah Habibie adalah salah seorang putra, yakni Thareq Kemal Habibie. Adapun, perwakilan negara yang menerimanya, yakni Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Selanjutnya, pemakaman akan dilakukan secara kemiliteran dengan dipimpin oleh Garnisun TNI. Jenazah akan dibawa ke TMP Kalibata sekitar pukul 13.00 WIB dan diperkirakan tiba di area pemakaman 30 menit kemudian.

"Kemudian pukul 14.00 WIB upacara di Taman Makam Pahlawan yang akan langsung dipimpin Bapak Presiden Republik Indonesia," kata dia.

Pada saat penurunan jenazah ke liang lahat, putra Habibie lainnya, yakni Ilham Akbar Habibie yang akan menjadi orang pertama menurunkannya. Penaburan bunga sebagai prosesi selanjutnya akan dilakukan pertama kali oleh adik Habibie, Suyatim Abdurrahman Habibie. "Sementara pidato atas nama keluarga, Mas Thareq," lanjut Ngabalin.

Baca Juga: Adik BJ Habibie: Dia menunggu sampai anak dan cucu komplet

BJ Habibie meninggal dunia di RSPAD Gatot Soebroto pada Rabu (11/9) malam. Dia meninggal karena usia yang sudah tua dan riwayat penyakit yang diderita. Menurut putra Habibie, Thareq Kemal Habibie, sang ayahanda wafat karena faktor usia dan masalah pada jantungnya.

"Karena penuaan tersebut, organ-organ tubuh mengalami degradasi, menjadi tidak kuat lagi. Jantungnya menyerah," kata Thareq Kemal. Habibie diketahui telah menjalani perawatan intensif di rumah sakit sejak 1 September 2019. (Devina Halim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Begini Rencana Pemakaman Habibie di TMP Kalibata, Kamis Besok.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×