kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Begini cara Wishnutama kembangkan pariwisata agar lapangan kerja tercipta


Kamis, 24 Oktober 2019 / 18:12 WIB
Begini cara Wishnutama kembangkan pariwisata agar lapangan kerja tercipta
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama usai menghadiri acara serah terima jabatan Menteri Pariwisata kepada Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif, Rabu (23/10).

Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pengembangan destinasi pariwisata diharapkan dapat membuka lapangan pekerjaan lebih luas. Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemparekraf) Wishnutama Kusibandio.

Wishnutama mengatakan, ia akan menghubungkan pelatihan apa yang diperlukan untuk mendukung tenaga kerja di sektor pariwisata tersebut. "Jadi karena pengembangan tempat wisatanya memunculkan tenaga kerja baru.

Baca Juga: Ini pesan GIPI pada menteri pariwisata dan ekonomi kreatif yang baru

Sehingga saya juga akan bicara dengan pusat-pusat pelatihan," ujar Wishnutama usai sidang kabinet paripurna, Kamis (24/10).

Peningkatan pariwisata akan memajukan industri setempat. Selain itu, tenaga kerja yang digunakan pun akan dikembangkan dari daerah tersebut untuk mengembangkan budaya setempat.

Meski begitu, belum ada perhitungan jumlah tenaga kerja yang akan diserap oleh sektor pariwisata. Wishnutama bilang akan membahas lebih lanjut terkait jumlah yang bisa diserap. "Belum tahu, belum tahu, karena kan saya harus pelajari," terang Wishnutama.

Baca Juga: Presiden Jokowi umumkan nama-nama menteri, berikut daftar lengkapnya

Kemparekraf menargetkan lima destinasi wisata baru selesai pada tahun 2020 mendatang. Antara lain Danau Toba, Likupang, Borobudur, Labuan Bajo, dan Mandalika.

 

 



Video Pilihan

TERBARU

Close [X]
×