kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,27   6,81   0.74%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bea Cukai kembali beri izin pelepasan ekspor produk olahan sarang burung walet


Senin, 16 Maret 2020 / 22:18 WIB
Bea Cukai kembali beri izin pelepasan ekspor produk olahan sarang burung walet


Reporter: Yusuf Imam Santoso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bea Cukai Kualanamu, Bea Cukai Manokwari, dan Bea Cukai Kualanamu kembali menambah Tingkatkan Daya Saing Industri, Bea Cukai Ekspor Perdana Perusahaan Ini PT Ori Ginalnest Indonesia di komplek bisnis MMTC Medan, 45.000 ton semen clinker (bahan jadi semen Portland) produksi PT SDIC Papua Cement Indonesia di Manokwari, dan konsentrat tembaga seberat 22.000 WMT oleh PT Freeport Indonesia di Amamapare.

Kepala Kantor Bea Cukai Kualanamu, Elfi Haris mengungkapkan PT Ori Ginalnest Indonesia telah melepas ekspor produk sarang burung walet ke empat benua yaitu Amerika, Eropa, Australia dan Asia. “Hal ini merupakan salah satu peran Bea Cukai sebagai fasilitator terkait eksportasi komoditas dari dalam negeri,” ungkapnya, Senin (16/3). 

Baca Juga: Hindari ancaman virus corona, ini 5 tempat wisata alternatif rekomendasi RedDoorz

CEO PT Ori Ginalnest Indonesia, Rusianah juga menambahkan perusahaan yang sudah berdiri sejak tahun 1997 ini berhasil membawa Sumatera Utara sebagai eksportir dan penghasil terbesar sarang burung walet selama 3 tahun berturut-turut di dunia. “Industri walet ini adalah industri padat karya, menyerap banyak tenaga kerja, berorientasi ekspor, juga mempromosikan sumber daya alam Indonesia,” jelas Rusianah, Senin (16/3).

Simplifikasi perizinan melalui elektronik merupakan kemudahan dari pemerintah untuk pegiat ekspor indonesia. Hal ini mendukung untuk mewujudkan harapan Presiden RI Jokowi demi mendorong pelaku UMKM untuk meningkatkan daya saing sehingga produknya dapat menembus pasar ekspor. Menurut Presiden Jokowi saat ini kontribusi UMKM bagi ekspor nasional baru mencapai 14%.

Selain itu, Bea Cukai Manokwari, pada Kamis (5/3) bersama Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan juga turut meresmikan pelepasan ekspor perdana 45 ribu ton semen clinker produksi PT SDIC Papua Cement Indonesia ke Taiwan.

Baca Juga: Bea Cukai tangkap 10 ton bawang bombai selundupan

Masih dari Indonesia Timur, pada Jumat (6/3) Bea Cukai Amamapare juga melepas ekspor berupa konsetrat tembaga seberat 22.000 weight metric ton dari PT Freeport Indonesia. 

“Dengan adanya industri semen yang pertama di Indonesia Timur ini, maka tentunya akan memberikan dampak positif bagi pergerakan roda perekonomian di Manokwari, Papua Barat, dan diharapkan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia secara nasional,” harap Dominggus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×