kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bawaslu menggandeng Facebook untuk mengawasi iklan politik


Rabu, 12 Agustus 2020 / 09:24 WIB
Bawaslu menggandeng Facebook untuk mengawasi iklan politik
ILUSTRASI. Facebook. REUTERS/Johanna Geron/Illustration


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggandeng platform digital Facebook Indonesia dalam upaya pengawasan iklan politik dan dana kampanye pilkada 2020. Fitur ini dianggap mampu membantu Bawaslu mengawasi dana kampanye para peserta, serta menangani pelanggaran yang terjadi di media sosial.

"Saya berterima kasih kepada Facebook Indonesia yang berkenan membuka fitur baru untuk melakukan fungsi pengawasan bersama Bawaslu," kata Anggota Bawaslu RI, Fritz Edward Siregar, seperti dikutip dari laman bawaslu.go.id, Selasa (11/8/2020).

Lewat fitur tambahan berupa iklan politik, Bawaslu juga bisa melihat transparansi data perihal penggunaan biaya iklan, konten dan sumber pendanaan periklanan tersebut. "Jadi kita bisa tahu berapa biaya, siapa yang membayar (iklan), sehingga saat mengawasi kita bisa melihat iklan ini sesuai dengan aturan atau tidak," jelas dia.

Baca Juga: Bawaslu minta protokol kesehatan dipenuhi saat melanjutkan tahapan pilkada

Manajer Mitra Pemerintah Facebook Indonesia, Putu Swaditya Yudha mengatakan, iklan pasangan calon di Facebook bisa diawasi baik lewat perangkat seluler maupun perangkat komputer. Menurutnya, fitur tersebut mampu menopang kerja Bawaslu secara komperhensif khususnya berkenaan dengan iklan dan dana kampanye pada platform daring.

"Nanti iklan ini bisa diawasi dari perangkat seluler atau desktop. Ini langkah baik Bawaslu bisa mengawasi secara komperhensif laporan lengkap terkait iklan dan dana yang telah dikeluarkan," ucap Putu.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Bawaslu Libatkan Facebook Awasi Iklan Politik"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×