kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Bappenas: Tantangan menuju transformasi ekonomi digital masih besar


Kamis, 15 Agustus 2019 / 17:02 WIB
Bappenas: Tantangan menuju transformasi ekonomi digital masih besar
ILUSTRASI. Potensi Ekonomi Digital


Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ekonomi digital terus berkembang pesat di Indonesia. Meski kontribusinya diproyeksi makin besar terhadap perekonomian nasional di tahun-tahun mendatang, pemerintah dihadapkan pada tantangan yang semakin rumit. 

Direktur Industri, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Leonardo Teguh Sambodo mengatakan, tantangan pemerintah yang terbesar ialah merespons perubahan model bisnis yang berubah-ubah secara cepat dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca Juga: Ini era baru #MO, Rhenald Kasali beri lima pandangan agar PLN bisa berlari lagi

“Kita harus tahu seperti apa perubahannya agar tahu bagaimana menciptakan ekosistem yang memadai dan mengelola perkembangan ekonomi digital ini dengan baik untuk produsen maupun konsumen,” kata Teguh, Kamis (15/8). 

Tantangan pengembangan ekonomi digital, menurut Teguh, cukup beragam. Di sektor e-commerce saja, misalnya, ada beberapa isu yang masih perlu menjadi perhatian pemerintah. 

Disparitas akses internet antara kota-kota besar dan wilayah Timur Indonesia terbilang masih tinggi. Di Jakarta, rata-rata kecepatan internet mencapai 7 Mbps, sedangkan di Papua hanya 300 Kbps. 

Dibandingkan dengan kecepatan internet global, Indonesia juga masih kalah. Rata-rata kecepatan internet Indonesia 4,5 Mbps, padahal global sudah mencapai 5,6 bps. 

Direktur Smeru Research Institute Widjajanti Isdijoso menambahkan, akses internet Indonesia juga belum merata. “Di semua golongan masyarakat, akses internet memang meningkat terutama sejak 2010, dan makin meningkat lagi di 2014. Tapi, kesenjangan akses internet juga besar antara penduduk kota dan desa, penduduk kaya dan miskin, penduduk muda dan dewasa,” ujar Widjajanti. 

Baca Juga: Ditjen Pajak sebut pajak ekonomi digital tidak hanya berlaku bagi market place




TERBARU

[X]
×