kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45926,87   -4,49   -0.48%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Banyak negara resesi, ini usulan Kadin untuk dongkrak perekonomian Indonesia


Minggu, 02 Agustus 2020 / 21:51 WIB
Banyak negara resesi, ini usulan Kadin untuk dongkrak perekonomian Indonesia
ILUSTRASI. Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Hubungan Internasional Shinta W. Kamdani di gedung Kadin, Selasa (19/11/2019). Kontan/Lidya Yuniartha


Reporter: Bidara Pink | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 memukul telak perekonomian negara-negara. Sudah mulai muncul deretan nama negara-negara yang jatuh ke jurang resesi dalam paruh pertama tahun 2020, setelah mengalami pertumbuhan negatif dalam dua kuartal berturut-turut.

Indonesia masih belum resmi mengeluarkan pengumuman terkait pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2020. Namun, sudah banyak asesmen yang memperkirakan kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal kedua tahun ini akan masuk zona negatif.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Shinta Kamdani memprediksi, kalau pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2020 akan terkontraksi di kisaran minus 4% hingga minus 6%.

Baca Juga: Indonesia dalam bayang resesi, ini kata ekonomi Core

"Kontraksinya menurut kami memang cukup dalam. Prediksi kami, di rentang tersebut. Namun, kalau dikerucutkan mungkin minus 5%," kata Shinta saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (2/8).

Shinta pun mengaku kalau Kadin telah memberikan usulan pada pemerintah untuk bisa mendongkrak perekonomian di paruh kedua tahun ini. Hal ini juga agar menjaga perekonomian tak jatuh ke dalam jurang resesi.

Katanya, pemerintah diharapkan tetap mempercepat stimulus kepada dunia usaha baik itu dari segi bantuan cash flow dengan restrukturisasi kredit, juga modal kerja baru. "Kalau mau perekonomian pulih, maka diperlukan modal kerja baru," tegas Shinta.

Selain itu, Shinta juga mengimbau agar pemerintah tetap memberikan stimulus untuk menggenjot permintaan. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan berupa pengurangan biaya seperti bantuan labour cost dan energy cost untuk menekan harga output sehingga ini bisa membantu daya beli masyarakat.

Sambil menyelam minum air, stimulus yang dikeluarkan pemerintah tak hanya akan membantu dunia usaha dan daya beli masyarakat.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×